Camat se Kabupaten Bantul Ngumpul di Bangka Belajar Kewenangan Tugas

kasmirudin
Camat se Kabupaten Bantul Ngumpul di Bangka Belajar Kewenangan Tugas
Rombongan camat asal Kabupaten Bantul melakukan kunjungan ke Kabupaten Bangka, untuk studi banding, Jumat (7/9/2018) di Kantor Bupati Bangka. (Foto: Irwan)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW – Rombongan camat asal Kabupaten Bantul yang dipimpin Asisten Pemerintahan Pemkab Bantul Helmi Jamharis melakukan kunjungan ke Kabupaten Bangka, untuk studi banding, Jumat (7/9/2018) di Kantor Bupati Bangka.

Alasan Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan studi banding ke Pemkab Bangka, karena tertarik dengan pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada camat di Kabupaten Bangka.

Asisten Pemerintahan Pemkab Bantul Helmi Jamharis menjelaskan, kedatangan rombongannya terkait dengan pelaksanakan pemerintahan kecamatan dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama camat dan kepala desa di Kabupaten Bantul.

Menurut Helmi, keberadaan para camat merupakan penyambung program bupati ke masyarakat, karena itu dipandang perlu kewenangan camat untuk terus ditingkatkan dalam bidang pemerintahan dan kemasyarakarakatan sesuai dengan koridor.

“Untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat perlu dilakukan penyerahan sebagian kewenangan Bupati kepada camat,” kata Helmi.

Diakuinya, Pemkab Bantul belum maksimal dalam pelimpahan kewenangan dari bupati kepada para camat, karena itu dilakukan kunjungan ke Pemkab Bangka untuk melihat stategi yang sudah dilakukan dalam pemberian kewenangan Bupati kepada Camat terkait dengan pelayanan umum dan perizinan.

“Terus terang kami belum bisa memberikan pelayanan yang banyak kepada masyarakat di tingkat kecamatan, baru sedikit saja. Sehingga  pengeluaran perizinan harus dilakukan di kabupaten,” katanya.

Terkait dengan itu, rombongan dari Pemkab Bantul mendapatkan penjelasan dari OPD terkait, diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka serta para camat dalam melaksanakan kewenangan yang diberikan Bupati Bangka.

Kewenangan tersebut antara lain dalam pemberian perizinan, termasuk dalam pelayanan dokumen kependudukan seperti akte kelahiran yang dilakukan dengan jemput bola. Masyarakat tidak perlu datang ke kabupaten, tetap berada di desanya. Namun, akte kelahiran dapat diterbitkan secara online dengan kerja sama antara bidan Puskesmas dan rumah sakit. Termasuk juga sejumlah perizinan yang bisa dikeluarkan di tingkat kecamatan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Tedy Sudarsono dalam kesempatan itu menjelaskan kondisi geografis Kabupaten Bangka dan sejumlah penghargaan yang telah diraih Pemkab Bangka membuat berbagai inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga mengajak warga Bantul dapat berwisata di Kabupaten Bangka yang  memiliki pantai dengan pasir putih dan memiliki daya Tarik berbeda dengan daerah yang lain.

“Kalau ke Kabupaten Bangka menginaplah di Bangka, bisa di hotel yang ada di tepi pantai jadi bisa menikmati sensasi dari keindahan alam Kabupaten Bangka,” ujar Tedy. (BBR)


Penulis :  Irwan
Editor   :  Kasmir
Sumber  :Babelreview