Cantiknya Kawasan Chinatown di Kampung Bintang, Bisa Berburu Kuliner Juga

Irwan
Cantiknya Kawasan Chinatown di Kampung Bintang, Bisa Berburu Kuliner Juga
Jalan Yang Zubaidah

PANGKALPINANG, BABELREVIEW. CO. ID -- Jalan Yang Zubaidah yang terletak di Kelurahan Bintang bakal menjadi kawasan Chinatown di Kota Pangkalpinang.

Hadirnya kawasan Chinatown ini, tentunya akan bertambah lagi satu lokasi ikonik dan tempat wisata di Kota Pangkalpinang.

Rencananya, Jalan Yang Zubaidah juga akan dibangun Tugu Hoklopan atau martabak, yang merupakan salah satu kuliner khas Bangka Belitung.

Lurah Bintang, Imam Firdaus mengatakan, gagasan Chinatown ini merupakan keinginan masyarakat setempat.

“Keinginan masyarakat kami tampung dan kami bersama-sama menyampaikan ke Pak Wali Kota. Ahamdulillah mendapat respon yang baik kemudian langsung di gong sebagai kawasan Chinatown," ujarnya.

Penataan kawasan Chinatown ini akan dilakukan secara bertahap.

Seperti saat ini Kawasan tersebut dipercantik dengan lampion di sepanjang Jalan Yang Zubaidah.

"Mungkin ke depannya akan ada gerbang atau penataan trotoar, namun karena keterbatasan anggaran dilakukan secara bertahap," katanya.

Tak hanya itu, kawasan Jalan Yang Zubaidah ini juga akan ada kawasan wisata kuliner halal, siapa pun diperbolehkan berjualan di sana.

“Nanti akan diatur untuk jam berjualannya. Tentunya ini akan meningkatkan perkonomian dan wisata di Kota Pangkalpinang,"ucapnya.

Dengan hadirnya kawasan Chinatown ini, mendapat respon dari masyarakat Kota Pangkalpinang.

Kawasan yang awalnya terkesan gelap, saat ini menjadi terang dengan deretan lampion yang indah.

"Saya sering memantau banyak masyarakat menjadikan kawasan Chinatown, jadi tempat berswafoto. Diharapkan kawasan ini menjadi Hongkong-nya Pangkalpinang," harapnya. (BBR)

Laporan: Gusti

Editor: Irwan