Catatan Sepekan: Maryadi Berpegangan Kayu Saat Diterkam Buaya, Markus resmi jabat bupati Bangka Barat, Jalan utama Desa Balunijuk ambles, Oknum polisi simpan Narkoba

kasmirudin
Catatan Sepekan: Maryadi Berpegangan Kayu Saat Diterkam Buaya, Markus resmi jabat bupati Bangka Barat, Jalan utama Desa Balunijuk ambles, Oknum polisi simpan Narkoba
Catatan Sepekan. (BBR)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Berbagai peristiwa di Provinsi Bangka Belitung yang terjadi dalam sepekan ini, mulai Maryadi Berpegangan Kayu Saat Diterkam Buaya, Markus resmi jabat bupati Bangka Barat, Jalan utama Desa Balunijuk ambles, Oknum polisi simpan Narkoba, yang dirangkum Babel Review dalam catatan sepekan.

Maryadi Berpegangan Kayu Saat Diterkam Buaya

Warga Desa Pagarawan kembali digegerkan dengan penemuan seekor buaya di daerah tambak samping SPBE Pagarawan, Rabu (27/3) malam.

Buaya ini memang sudah menjadi incaran warga sekitar, karena kerap terlihat ke permukaan. Sehingga ditakutkan dapat membahayakan warga yang sedang beraktivitas di tambak.

Puncaknya Rabu sore tadi, salah satu warga Pagarawan, Maryadi (41) diserang buaya saat hendak mengambil air untuk mengganti air kolam udang milikinya.

“Tadi sekitar jam setengah 6 sore, saya sedang mengambil air asin di tambak untuk menggantikan air kolam udang saya yang sudah kotor. Waktu cedokan air terakhir, tiba-tiba buaya tersebut langsung menyerang lengan tangan kanan saya. Untung saya bisa bertahan dengan berpegangan dengan kayu," kata Maryadi kepada Babel Review.

Selama kurang lebih tiga menit gigi buaya tersebut menembus lengan Maryadi.

“Kurang lebih 3 menitan saya bertahan dengan memegang kayu, sambil mengucap Astaghfirullah , La illahaillallah selama bertahan dari gigitan buaya, alhamdulillah selamat," ucapnya.

Sekira pukul 21.00 WIB, akhirnya warga bersama pawang buaya berhasil menangkap buaya yang menggigit Maryadi tersebut.

Saat ini buaya masih berada di dekat rumah korban, besok akan dibawa ke penangkaran.

Markus resmi jabat bupati Bangka Barat

Gubernur Bangka Belitung , Erzaldi Rosman Djohan secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Markus S.H. sebagai bupati Bangka Barat yang baru, sisa masa jabatan 2016-2021.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan di rumah dinas gubernur Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Selasa (26/3). Pelantikan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 131.19-413 tahun 2019 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Bangka Barat.

Pengambilan sumpah yang diambil langsung oleh gubernur Bangka Belitung dan diikuti dengan lugas dan tegas oleh Markus S.H.

Markus sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati Bangka Barat, dilantik menjadi bupati definitif lantaran Bupati Bangka Barat, Parhan Ali meninggal dunia pada 1 Februari 2019 lalu .

“Kita harapkan kolaborasi antara Pemerintah Bangka Barat dan Pemprov Babel untuk mewujudkan Bangka Barat Hebat," ujar Erzaldi.

Jalan utama Desa Balunijuk ambles

Hujan deras yang mengguyur sebagai wilayah Bangka Belitung termasuk Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, mengakibatkan jalan utama desa tersebut amblas.

Rusaknya ruas jalan utama Desa Balunijuk tersebut, bermula dari guyuran hujan lebat sekira pukul 15.00 WIB, Kamis (28/3/2019).

Puncaknya, pada pukul 15.30 karena tak kuat menahan derasnya aliran air yang mengakibatkan jalan tersebut amblas.

Akibat rusak nya jalan tersebut, akses jalan utama menuju Desa Air Durin dan sekitarnya terganggu.

Untuk diketahui, beberapa hari ini cuaca ekstrem memang sedang menimpa sebagian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan banjir di beberapa titik di wilayah Bangka Belitung.

Untuk itu bagi sahabat Babel Review yang mungkin sedang atau akan menempuh perjalan jauh agar lebih berhati-hati. Karena kondisi jalan yang licin.

Oknum polisi simpan Narkoba

Kepolisian Resort  Bangka Selatan melalui jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba), berhasil mengamankan seorang oknum polisi yang menyalahgunakan narkoba jenis sabu-sabu.

Adapun oknum polisi berpangkat Bripka ini ditangkap jajaran Polres Basel di kosannya, Jalan Teladan Amd Kelurahan Teladan Kecamatan Toboali pada Sabtu (23/03/2019) pukul 00.30 WIB

Dari penangkapan oknum polisi berinisial Ceng (35) ini, ditemukan barang bukti 2  buah plastik kecil narkotika jenis sabu bruto 1,17 gram, 1  buah plastik bening kosong, 1 unit HP Nokia warna kecil hitam, 1  unit HP warna biru hitam, dan 1 unit sepeda motor Yamaha Fino.

Kasat Res Narkoba Polres Basel AKP Satriadi seizin Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono mengatakan, penangkapan ini dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat sering terjadi peredaran narkotika di Jalan Teladan Amd Toboali, yang melibatkan anggota Polri. Kemudian dilakukan penyelidikan dan pendalaman informasi.

Setelah informasi A1, sambungnya, lalu dilakukan penangkapan dan penggeledahan oleh tim gabungan Sat Resnarkoba,  Sie Propam dan Unit Reskrim Polsek Toboali terhadap tersangka Ceng di Jalan Teladan Amd Toboali.

"Dari penggeledahan tersebut, ditemukan narkotika jenis sabu di dalam kantong celana tersangka. Atas kejadian tersebut tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Basel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tandasnya.

Atas perbuatannya, oknum polisi ini diduga melanggar pasal 114 ayat 1 sub 112 ayat 1 UU NO. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (BBR)


 

Penulis : Babel Review
Editor   : Kasmir
Sumber :Babel Review