Cegah Kerusakan Ginjal dengan Cara Ini

kasmirudin
Cegah Kerusakan Ginjal dengan Cara Ini
ilustrasi.

BABELREVIEW.CO.ID -- Ginjal merupakan organ tubuh penting yang bertugas untuk menyaring racun dan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Saat kerja ginjal terganggu, maka risiko menumpuknya racun yang masuk ke dalam tubuh pun meningkat. Maka Anda perlu melakukan sejumlah tindakan untuk mencegah kerusakan ginjal.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan fungsi ginjal. Meskipun kebiasaan sehat ini belum tentu mengembalikan fungsi ginjal sepenuhnya, namun kebiasaan ini bisa memperlambat kerusakan ginjal yang lebih parah.

  1. Minum air
    Mengonsumsi air adalah cara yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Hanya saja Anda perlu memilih minuman yang tidak mengandung gula atau kafein yang berlebihan, sebab bisa memberikan beban tambahan pada ginjal. Anda perlu mengonsumsi cairan sesuai anjuran dokter. Anda juga mungkin harus membatasi asupan cairan bila ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik. Umumnya, orang dewasa perlu mengonsumsi cairan setidaknya delapan gelas setiap hari.
  1. Batasi konsumsi natrium
    Ginjal yang sudah tidak berfungsi normal tidak dapat 'membersihkan' kelebihan natrium dari dalam tubuh. Akibatnya, natrium ini akan tetap ada di dalam aliran darah dan menyebabkan retensi cairan yang bisa mengakibatkan pembengkakan atau odema. Inilah sebabnya, penderita ginjal kronis, perlu membatasi asupan garam atau makanan bergaram yang mengandung natrium tinggi.
  1. Batasi asupan protein
    Penderita gangguan ginjal kronis juga perlu membatasi asupan protein. Meskipun protein dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara umum, namun sisa metabolisme protein membuat ginjal bekerja lebih keras. Ginjal yang mengalami kerusakan akan kesulitan dalam mengolah limbah protein. Itulah sebabnya, mereka perlu mendapatkan diet rendah protein.
  1. Batasi konsumsi makanan yang mengandung fosfor
    Ginjal yang sudah rusak juga akan mengalami kesulitan dalam menghilangkan kelebihan fosfor di dalam darah. Kadar fosfor yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tulang kehilangan kalsium dan berpotensi pada risiko terjadinya osteoporosis. Beberapa makanan yang banyak mengandung fosfor dan sebaiknya dibatasi adalah yoghurt, susu, ikan, unggas, daging sapi, telur, dan kacang-kacangan.
  1. Hindari alkohol
    Penderita ginjal harus menjauhkan diri dari alkkohol. Konsumsi alkohol bisa membuat kerusakan ginjal semakin parah. (BBR)

Penulis : Rianti Fajar (CJ)

Editor   : Kasmir

Sumber : Babel Review