Cegah Penularan Covid-19, Mahasiswa KKN UBB Desa Kace 2020, Gandeng BPBD Babel Lakukan Training Of Trainer

kasmirudin
Cegah Penularan Covid-19, Mahasiswa KKN UBB Desa Kace 2020, Gandeng BPBD Babel Lakukan Training Of Trainer
Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Kace mengadakan kegiatan Training of Trainer bekerja sama dengan BPBD Provinsi Bangka Belitung serta Dinas Kesehatan Bangka Belitung, Selasa (22/7/2020). (Foto: Istimewa)

MENDOBARAT,BABELREVIEW.CO.ID -- Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Kace pada Selasa (22/7/2020) lalu mengadakan kegiatan Training of Trainer bekerja sama dengan BPBD Provinsi Bangka Belitung serta Dinas Kesehatan Bangka Belitung (Babel).

Kegiatan yang diadakan di Gedung Balai Serba Guna Desa Kace mengangkat tema "Training Of Trainer Protokol Kesehatan di Era New Normal".  Narasumber diisi oleh beberapa instansi yaitu BPBD Bangka Belitung, ketua Jurusan Keperawatan Poltekes Pangkalpinang dan Dinas Kesehatan yang tergabung ke dalam Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung.

Dihadiri oleh perangkat Desa Kace yaitu FKPM (Forum Kemitraan Polisi & Masyarakat) Desa Kace, Karang Taruna Desa Kace, perwakilan Remaja BUMDes Kace, tiga mahasiswa UIN Raden Patah Palembang serta seluruh anggota KKN UBB Desa Kace.

Poin penting pada kegiatan ini yaitu memberikan pelatihan kepada para peserta terkait protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 dan para peserta nantinya dapat mensosialisasikan kembali materi yang diberikan oleh narasumber kepada masyarakat yang sekaligus dapat meringankan tugas Satgas Covid-19.

Raden Haediansyah, S.E, perwakilan BPBD Bangka Belitung menuturkan, setelah kegiatan training ini nantinya para peserta diharapkan mensosialisasikan kembali kepada masyarakat tentang protokol kesehatan di masa new normal untuk mencegah penularan penyebaran covid-19.

“Saya mengharapkan nantinya para peserta dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan di masa new normal untuk mencegah penularan penyebaran covid-19,” ujarnya.

Sementara itu Sheren Valista, Ketua KKN UBB di Desa Kace mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian program kerja yang telah disusun dan dilakukan, sebagai bentuk nyata pengabdian kami kepada masyarakat.

“Walaupun pandemi belum tuntas bukan menjadi penghalang kami untuk memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada,” katanya.

Saat new normal ada tiga langkah yang harus diterapkan dalam menghadapi masa-masa conditional seperti ini yakni pertama menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau handsainitizer serta yang terakhir tetap menjaga jarak (Phichycal Distancing).

Meskipun dilaksanakan secara tatap muka, protokol kesehatan tetap diterapkan seperti pengecekan suhu sebelum masuk ke tempat acara, mencuci tangan, pemakaian masker, dan tentunya tetap melakukan  physical distancing dengan memberi jarak pada masing-masing tempat duduk.

Kegiatan Training On Trainer ini dilakukan dalam rangka pelatihan para calon pelatih dalam mengedukasi masyarakat dalam mengimplementasikan protokol kesehatan yang benar di era new normal. Program ini bukan satu-satunya program dalam pencegahan dan pengendalian covid-19, nantinya akan ada kegiatan lain yang akan diadakan oleh mahasiswa KKN UBB Desa Kace 2020. (BBR)


Penulis : Anggi Andrian (Mahasiswa UBB)

Editor   : Kasmir

Sumber : UBB