Copa America 2019: Brasil Depak 10 Pemain Paraguay Lewat Adu Pinalti

kasmirudin
Copa America 2019: Brasil Depak 10 Pemain Paraguay Lewat Adu Pinalti
Aksi selebrasi timnas Brasil lolos ke semifinal Copa America usai taklukan Paraguay lewat adu penalti. Baca selengkapnya: https://www.indosport.com/sepakbola/20190628/hasil-pertandingan-copa-america-2019-brasil-vs-paraguay

BRASIL, BABELREVIEW.CO.ID -- Brasil sukses melalui perempatfinal Copa America 2019 melawan Paraguay lewat drama adu penalti yang berkesudahan 4-3, Jumat (28/06/19).

Sebagai tuan rumah, di babak pertama Brasil langsung mencoba mendominasi. Peluang pertama pun berhasil mereka ciptakan di menit ke-3. Namun peluang lewat sepakan Roberto Firmino masih bisa dihalau kiper Paraguay, Roberto Fernandez.

Sebelum genap masuk ke menit ke-5, Fernadez sekali lagi harus bekerja keras menahan sepakan Everton untuk menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Setelah didominasi Brasil hampir 30 menit, Paraguay akhirnya mendapatkan peluang di menit ke-29. Sayang peluang emas tersebut harus kandas ditangan kiper Brasil Alisson Becker yang masih terlalu tangguh.

Bukannya gol, selepas 30 menit laga berjalan, pertandingan justru semakin keras. Wasit pun harus mengeluarkan empat kartu kuning, yang tiga di antaranya untuk pemain Paraguay.

Sementara gol tak kunjung tercipta, pertandingan babak pertama akhirnya berakhir imbang, Brasil 0-0 Paraguay.

Babak Kedua

Diawali dengan pergantian Alex Sandro dengan Felipe Luis, Brasil kembali mendominasi jalannya awal babak kedua.

Angin segar pun sempat berembus saat wasit menunjuk titik putih usai Roberto Firmino dijatuhkan di menit ke-54. Namun diwarnai protes dan berujung dengan digunakannya VAR (video assistant refree), penalti Brasil tersebut dicabut wasit. 

Sebagai gantinya wasit menghadiahi tendangan bebas dan memberikan kartu merah ke bek Paraguay Fabian Balbuena. Dieksekusi Dani Alves, tendangan bebas begitu mengancam, namun masih melebar ke sisi kanan dan tak berbuah apa-apa.

Unggul jumlah pemain, serangan Brasil semakin menjadi-jadi. Namun Tim Samba masih tampak kebingungan untuk memecah rapatnya pertahanan Paraguay yang menumpuk banyak pemain.

Dominasi Brasil sebenarnya mampu menghasilkan beberapa peluang berbahaya, namun kiper Paraguay Fernadez masih terus mampu menggagalkan peluang tercipta. Seperti tandukan keras Alex Sandro di menit ke-88 yang bisa ditepisnya.

Menit ke-90, Brasil juga hampir unggul andai tendangan Willian tak menerpa tiang kanan gawang Paraguay. Beberapa peluang lainnya pun menyusul di masa injury time. Tapi memang dewi fortuna seakan belum berpihak ke Brasil, skor imbang tanpa gol bertahan hingga wasit meniup peluit akhir. Pertandingan langsung dilanjutkan dengan adu penalti.

Adu Penalti

Paraguay berkesempatan unggul terlebih dahulu di adu penalti. Namun tendangan Gustavo Gomez berhasil dibaca dengan baik oleh Alisson yang melompat ke sisi kiri. Kegagalan itupun dimanfaatkan pemain Brasil Willian yang tanpa kesalahan mengecoh Fernadez untuk membuat Brasil unggul 1-0.

Setelahnya, Almiron, Bruno Valdez dan Rojas (Paraguay), juga Marquinhos dan Coutinho (Brasil) tanpa kesalahan menjalankan tugasnya.

Paraguay sempat mendapatkan kesempatan, ketika Firmino gagal mengarahkan bola dengan baik ke gawang. Sialnya kesempatan itu tak berbuah apa-apa seiring kegagalan yang juga dibuat eksekutor mereka selanjutnya Derlis Gonzales.

Semakin sempurna kesialan Paraguay, karena penendang kelima Brasil Gabriel Jesus tanpa celah membuat Fernandez terkecoh. Brasil pun menang dengan skor 4-3 dalam adu penalti.

Susunan Pemain

Paraguay (5-4-1): Roberto Fernandez; Ivan Piris, Gustavo Gomez, Fabian Balbuena, Junior Alonso, Santiago Arzamendia; Derlis Gonzalez, Richard Sanchez, Celso Ortiz, Hernan Perez; Miguel Almiron.

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis; Arthur, Allan; Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, Everton; Roberto Firmino.


Penulis  : Indosport.com  
Editor    : Kasmir
Sumber : Indosport.com