Covid-19, Dandim 0413/Bangka: Mencegah Lebih Baik dari Mengobati

kasmirudin
Covid-19, Dandim 0413/Bangka: Mencegah Lebih Baik dari Mengobati
Dandim 0413/Bangka mewakili Danrem 045/Gaya saat video conferensi (Vicon) bersama gubernur Babel, Kapolda, Kajati, Danlanud dan unsur Forkopimda di Ruang Vicon Polda Babel, Senin (23/3/2020). (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Komandan Kodim (Dandim) 0413/Bangka, Kolonel Pujud Sudarmanto turut menyoroti masalah pencegahan Virus Corona atau Covid-19, agar tak meluas menyebar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Hal itu disampaikan Dandim 0413/Bangka mewakili Danrem 045/Gaya saat video conferensi (Vicon) bersama gubernur Babel, Kapolda, Kajati, Danlanud dan unsur Forkopimda di Ruang Vicon Polda Babel, Senin (23/3/2020).

Dikatakan Dandim, bahwasanya pencegahan Virus Corona tak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah, TNI, Polri dan instansi terkait saja, melainkan seluruh lapisan masyarakat.

"Penyemprotan untuk saat ini di semua wilayah di Bangka Belitung sudah kita lakukan. Tujuannya, agar virus ini tidak masuk ke Pangkalpinang atau Bangka," ulasnya.

Oleh karena itu, Kolonel Inf Pujud Sudarmanto menyarankan perlu pengecekan dan pendataan secara masif bagi seluruh wilayah, agar tidak terkontaminasi.

"Kita sadari bahwa Jakarta saat ini sudah berada di zona merah, banyak warga Bangka yang berdomisili di Jakarta. Ini salah satu cara bagaimana kita mendata orang-orang yang datang dari luar wilayah Bangka, sehingga kita mencegah virus ini," imbuhnya.

Tak hanya itu saja, Dandim juga menekankan agar seluruh lapisan masyarakat lebih baik mencegah daripada mengobati.

"Kalau sudah mengobati, obatnya sampai sekarang belum ditemukan dan sudah menyebar di mana-mana, sulit untuk kita membasminya. TNI baik darat, laut dan udara , kita bersama-sama masyarakat untuk membantu menyelesaikan atau menangani penyebaran Covid-19 ini di wilayah Bangka Belitung," tandas Pujud. (BBR)


Penulis: Gusti Randa

Editor  : Kasmir