Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah Terendam Banjir dan Kapal Nelayan Hancur di Sungailiat

Irwan
Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah Terendam Banjir dan Kapal Nelayan Hancur di Sungailiat

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – Curah hujan tinggi yang mengguyur sejak dua hari terakhir membuat sejumlah daerah di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka terendam banjir, Rabu (13/1/2021).

Selain mengakibatkan banjir, cuaca juga berdampak pada kondisi air yang mengalami ombak sangat tinggi.

Ketua DPC HNSI Kabupaten Bangka Lukman mengatakan, dengan adanya curah hujan intensitas tinggi yang terjadi beberapa hari ini mengakibatkan beberapa dampak kurang bagus bagi nelayan maupun masyarakat lainnya.

Menurut keterangan Lukman, pagi ini di wilayah Lingkungan Parit Pekir, Air Anyut dan Kampung Nelayan di Kecamatan Sungailiat ratusan rumah terendam banjir dengan kedalaman bervariasi.

"Selain itu, tadi pagi ada juga musibah yang menimpa salah satu nelayan, kapal mereka kandas dan hancur dihantam ombak di bibir muara. Saya juga sedang melakukan monitoring terhadap nelayan lainnya," ujar Lukman.

Ia menjelaskan bahwa kondisi ini terjadi akibat perubahan cuaca atau pancaroba yang berdampak pada aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang menjadi tinggi dan curah hujan yang sangat tinggi.

Hal itu mempengaruhi dinamika di pesisir sepanjang laut Bangka yaitu banjir pesisir.

“Sekarang saja untuk di Kampung Nelayan I dan II sudah ada sekitar 100 rumah warga yang terendam banjir yang airnya sudah masuk kerumah warga hampir setinggi lutut orang dewasa. Permasalahan ini harus diselesaikan bersama-sama," katanya.

  • Halaman
  • 1
  • 2