Cuaca Ekstrem, Satu Nelayan Sungailiat Hilang di Karang Timah

Irwan
Cuaca Ekstrem, Satu Nelayan Sungailiat Hilang di Karang Timah

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID -- Seorang nelayan warga Jalan Nusantara, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka dilaporkan hilang di sekitar Karang Timah pada hari Rabu 24 November 2021.

Nelayan bernama Asis diduga terjatuh dari kapal saat cuaca buruk menerpa perairan tersebut.

Menanggapi kejadian tersebut, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Lukman menuturkan insiden tersebut dirinya ketahui dari laporan salah satu nelayan yang menemukan kapal korban dalam kondisi rusak dan hampir tenggelam.

"Saya mendapatkan informasi terjadi lakalaut itu dari salah satu nelayan kurang lebih pada pukul 07:00 WIB. Kemudian setelah mendapatkan berita tersebut, saya langsung lakukan koordinasi dengan Basarnas, Polairud dan beberapa nelayan untuk membantu melakukan pencarian korban," ujarnya, Rabu (24/11/1021).

Ia tegaskan jika sampai sore ini tim SAR masih melakukan pencarian korban di sekitar area Karang Timah. Dan hingga malam ini pihak tim SAR masih belum menemukan korban.

Lebih lanjut, Lukman mengimbau kepada nelayan agar waspada dengan gelombang tinggi yang disertai dengan perubahan cuaca buruk yang sering terjadi setiap saat.

Dia menyebutkan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan pencarian hingga korban ditemukan.

"Saya harap juga agar nelayan yang mencari ikan di area Karang Timah dan sekitarnya juga turut membantu pencarian korban. Apabila menemukan tanda-tanda di lokasi agar secepatnya melapor ke Basarnas," himbaunya.

"Kami meminta bantuan dan soliditas rekan-rekan nelayan agar turut membantu melakukan pencarian korban. Dan saya imbau kepada nelayan untuk lebih waspada dalam melaut, karena cuaca saat ini sering berubah-ubah dan ekstrem. Mudah mudahan saja korban segera ditemukan, semoga korban visa ditemukan dalam kondisi selamat," pungkasnya. (BBR)

 

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan