Dadang Laporkan Dugaan Keterlibatan ASN dalam Politik Praktis

kasmirudin
Dadang Laporkan Dugaan Keterlibatan ASN dalam Politik Praktis
Pegawai tugas belajar, Dadang Payogo saat membuat laporan aduan ke BKPSDM Bangka Tengah (Bateng) untuk akun berlogo pemkab beserta admin yang diduga merupakan ASN dan honorer pada Jumat (8/5/2020). (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Usai memenuhi panggilan dari Tim Pemeriksa Pelanggaran Disipilin Pegawai Negeri Sipil (PNS) terkait akun di media sosial pada Senin (4/5/2020) lalu, pegawai tugas belajar, Dadang Payogo secara resmi membuat laporan aduan ke BKPSDM Bangka Tengah (Bateng) untuk akun berlogo pemkab beserta admin yang diduga merupakan ASN dan honorer pada Jumat (8/5/2020).

"Saya secara resmi membuat surat aduan dengan kasus tidak jauh berbeda, di antaranya penggunaan logo Pemkab Bangka Tengah pada grup facebook dengan nama grup bernada kampanye yang sudah dibuat sejak 24 Januari 2020. Namun belum ada tindakan tegas dari tim pemeriksaan indisipliner,"ujar Dadang kepada Babel Review, Jumat (8/5/2020).

Dadang mempertanyakan, apakah selama ini tidak ada tindakan tegas dari tim pemeriksaan karena tidak melanggar PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai? Sedangkan jelas dalam admin grup tertera admin yang diduga merupakan tenaga honorer (PKK) di Dinas Pendidikan dan PNS di Disperkimhub Bangka Tengah serta anggota grup yang mayoritas merupakan ASN Bangka Tengah.

"Dalam lampiran poin-poin laporan tersebut, saya meminta keadilan dan ketegasan dari Tim Pemeriksa Pelanggaran Disiplin. Apakah keadilan dan ketegasan dalam mengantisipasi politik praktis, berlaku sama kepada semua ASN di lingkup Pemerintahan Bangka Tengah?" ucapnya.

Dadang menyampaikan, Tim Pemeriksa Pelanggaran Disiplin harus segera menindaklanjuti laporan aduannya, agar tidak timbul opini tebang pilih dalam memanggil ASN yang terlibat di dalam politik praktis.

Sementara itu, Kabid Inka BKPSDM Bateng, Hendri Noviyarto saat diwawancara via telepon oleh Babel Review pada Senin (4/5/2020) lalu sempat menyebutkan akan memanggil ASN tersebut, untuk klarfisikasi jika sudah mendapatkan aduan resminya.

"Terkait akun di facebook yang berlogo Pemkab Bateng, namun bernada kampanye yang diisukan adminnya melibatkan homorer dan ASN, kami juga akan melakukan pemanggilan untuk klarifikasi. Namun kita tunggu dulu laporan resminya serta kesepakatan dalam penentuan jadwal pemanggilan dari tim pemeriksaan," pungkasnya. (BBR)


Penulis   : Faisal

Editor    :  Kasmir

Sumber :  Babel Review