Dampingi Menteri KP Temui Nelayan, Gubernur Babel Makin Mantap Memajukan Kemaritiman

kasmirudin
Dampingi Menteri KP Temui Nelayan, Gubernur Babel Makin Mantap Memajukan Kemaritiman
Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Republik Indonesia, Edhy Prabowo didampingi Gubernur Babel Erzaldi Rosman, meninjau TPI Ketapang Pangkalpinang, Sabtu (16/11/2019). (Foto: Istimewa)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Republik Indonesia, Edhy Prabowo didampingi Gubernur Babel Erzaldi Rosman, meninjau muara sungai samping PPN Sungailiat, Sabtu (16/11/2019).

Kedua petinggi Partai Gerindra ini menyempatkan diri berdialog dengan nelayan, pelaku perikanan, UMKM, stakeholders di PPN Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Pada siang di hari yang sama, Menteri Edhy Prabowo juga meninjau TPI Ketapang, Pangkalpinang, dan TPI Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, yang juga berdialog dengan nelayan, pelaku kelautan dan perikanan,UMKM, stakeholders di TPI Kurau.

Selain berdialog, Edhy juga mendengarkan secara langsung keluhan, masukan dari masyarakat nelayan.

Di hadapan nelayan dan pelaku usaha perikanan, Menteri Edhy Prabowo menyampaikan, kedatangannya ke Babel dalam rangka melihat permasalahan dan meninjau hal - hal yang belum ada pemecahannya.

Permasalahan yang ada di Babel, dari hasil yang dihimpun di antaranya pendangkalan muara atau mulut pelabuhan di beberapa wilayah di Babel. Karena di Babel ada ribuan potensi kapal nelayan yang setiap harinya bersandar di beberapa dermaga.

Selain pendangkalan, masalah lain juga diungkapkannya, dari para nelayan dan pelaku usaha seperti murahnya harga jual ikan, bahan bakar kapal, penambangan ilegal hingga kekurangan SDM di PPN.

Untuk hal itu, Menteri Edhy Prabowo minta pihak-pihak terkait jangan hanya berdiam diri, tetapi harus berinovasi. Hal itu kata dia, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang mengedepankan inovasi.

“Permasalahan - permasalahan yang ada akan kami koordinasikan. Jika hal tersebut bisa diselesaikan oleh KKP, akan segera kami tindaklanjuti. Jika membutuhkan koordinasi antar kementerian atau lembaga, maka hal itu akan dibicarakan kepada pihak terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengaku senang, karena Menteri Kelautan dan Perikanan RI mau berkunjung dan mendengarkan langsung permasalahan yang ada di Babel.

Pemerintah Provinsi, kata gubernur, selama ini telah bekerja maksimal sesuai dengan visi misi mengembalikan kejayaan kemaritiman negeri ini.

“Dengan kehadiran Pak menteri ini, akan semakin memantapkan langkah Babel dalam memajukan bidang kelautan dan perikanan,” ungkapnya. (BBR)


Penulis  : Ahada                                            
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review