Danramil 0413-06/Sungailiat Harapkan Keterbukaan Informasi Terkait Covid-19 Dari Pihak Manapun

Ibnuwasisto
Danramil 0413-06/Sungailiat Harapkan Keterbukaan Informasi Terkait Covid-19 Dari Pihak Manapun
Danramil 0413-06/ Sungailiat, Mayor Arh Daniel B Gala saat menghadiri pertemuan di Posko GTPP Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Minggu (31/5/2020). (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Danramil 0413-06/Sungailiat, Mayor Arh Daniel B Gala menghadiri acara pertemuan yang dilakukan di Posko Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten, Minggu (31/5/2020).

Pertemuan yang dihadiri oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten, Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, LO BNPB Pusat, Dir SDM PT. Timah Tbk, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Kepala Dinas BPBD Kabupaten Bangka, Kabaops Polres Bangka dan Koordinator Tim Relawan Pemantau Covid-19 Wilayah Kabupaten Bangka, membahas terkait dengan pasien positif Covid-19 inisial GS (31) warga Sempan yang merupakan salah satu karyawan dari PT. Timah Tbk. GS yang sebelumnya bertugas di Kapal Keruk "Singkep" ini dinyatakan positif Covid-19 oleh hasil swab mandiri yang dilakukan oleh pihak PT. Timah Tbk. Tetapi ketika GS melakukan isolasi atau karantina mandiri, yang bersangkutan tidak mematuhi aturan dan sempat melakukan silaturahmi ke beberapa tempat pada saat hari raya idul fitri.

LO BNPB Pusat, Mayjend Toto Siswanto menyampaikan pentingnya adanya praktek pentahelix, adanya unsur pemerintahan, media, komunitas, akademisi dan pelaku usaha.

"Tugas saya disini untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 Nasional dalam croschek data dan yang kedua soal koordinasi. Dan saya harap permasalahan ini dapat diselesaikan secara tuntas hari ini soal kelanjutan penanganan pasien Covid-19 antara pihak PT. Timah Tbk dan tim Gugus Tugas," ujarnya.

Kemudian, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten, Boy Yandra SKM MPH mengharapkan agar pihaknya juga mengetahui hasil rapid test atau swab mandiri yang dilakukan oleh pihak PT. Timah Tbk. Menurutnya, beberapa karyawan PT. Timah ada yang tinggal di wilayah pemerintahan Kabupaten Bangka.

"Jadi kalau ada laporan hasil rapid testnya reaktif atau swabnya positif dari pihak PT. Timah, maka kami dapat melakukan pemantauan dengan memasang gelang pantau kepada pasien agar tidak melakukan aktivitas kemana-mana," tegasnya.

Sementara itu, Danramil 0413-06/Sungailiat, Mayor Arh Daniel B Gala mengatakan tugas Tim Gugus Tugas Covid-19 tidak hanya mengurus atau mengawasi pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19. Namun juga bertugas untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona dengan mengisolasi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jadi jika ada pasien yang sudah dinyatakan untuk melakukan isolasi mandiri, maka dari Tim Gugus Tugas Covid-19 akan memasangkan gelang pemantau kepada pasien agar mudah melakukan pemantauan. Jadi pihak manapun yang melakukan rapid test atau swab sebaiknya melaporkan hasil pemeriksaan, agar orang yang dinyatakan positif atau relatif tidak kemana-mana," tutupnya.


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review