Dapat Bantuan Bibit Lada, Kades Pangkalbuluh Harap Petani Semakin Bersemangat untuk Berkebun

kasmirudin
Dapat Bantuan Bibit Lada, Kades Pangkalbuluh Harap Petani Semakin Bersemangat untuk Berkebun
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat menyerahkan bantuan bibit lada kepada petani di Kecamatan Payung dan Simpang Rimba, Senin (22/6/2020). (Foto: Istimewa)

PAYUNG, BABELREVIEW.CO.ID -- Penyaluran bantuan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) ke petani di tiga desa di Kabupaten Bangka Selatan diharapkan Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Babel, Haruldi dapat membantu masyarakat lebih produktif lagi untuk berkebun lada.

Apalagi Kecamatan Airgegas telah ditetapkan sebagai Kawasan Sentra Lada Nasional oleh Bappenas RI.  

“Mari kita kembalikan lagi masa kejayaan rempah di Babel," imbuh Haruldi, Selasa (23/06/2020).

Terpisah, Kades Pangkalbuluh, Marjan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Babel atas bantuan bibit lada, trichoderma serta pupuk kepada masyarakat Desa Pangkalbuluh.

 "Di saat kondisi pandemi seperti ini, bantuan Pemprov Babel sangat berarti dan bermanfaat bagi masyarakat Pangkalbuluh. Semoga petani kami terus bersemangat," katanya.

Dirinya berharap, masyarakat petani dapat berinovasi untuk melakukan tumpang sari serta memanfaatkan celah lahan kosong untuk menanam tanaman yang lainnya selain lada. Sehingga kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi.

Sebelumnya, sebanyak 680 bibit lada bersertifikasi disalurkan Gubernur Babel Erzaldi Rosman kepada petani di tiga desa di Basel, Senin (22/6/2020) kemarin.

Tiga desa itu yaitu Desa Paku, Desa Pangkalbuluh Kecamatan Payung dan Desa Sebagin Kecamatan Simpang Rimba.

Selain bibit, Dinas Perkebunan Babel juga menyalurkan bantuan trichoderma 3.200 Kg.

Kemudian ada bantuan pupuk organik 80.000 kilogram. Bantuan bibit ini terdiri dari 320.000 bibit untuk 200 hektare perluasan lada dan 360.000 bibit untuk 450 hektare rehabilitasi lada. (BBR)


Penulis : Andre

Editor   : Kasmir