Dari Pilkada Hingga Covid-19, Pasukan Pengamanan Siap Amankan Bangka Barat

Kasmirudin
Dari Pilkada Hingga Covid-19, Pasukan Pengamanan Siap Amankan Bangka Barat
Kapolda Anang Syarif Hidayat saat mengecek kesiapan personil pengamanan pilkada Bangka Barat, Rabu (16/9/2020). (Foto: Umar)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengikuti kegiatan apel gelar pasukan dan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) yang diselenggarakan oleh jajaran Kepolisian Daerah Babel bekerja sama dengan Kepolisian Resor Mentok berlangsung di Lapangan Atletik Muntok, Rabu (16/9/2020).

Apel gelar pasukan dan simulasi sispamkota ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilukada bupati - wakil bupati Kabupaten Bangka Barat tahun 2020.

Kapolda Anang Syarif Hidayat selaku pimpinan apel dalam arahannya menjelaskan, pengamanan pilkada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena saat ini masih berlangsung pandemi Covid-19. Untuk itu, ini harus menjadi perhatian serius bagi jajaran kepolisian.

Ia menjelaskan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi, pola pikir, pola tindak, serta kesiapan kesehatan personil maupun sarana prasarana peralatan yang akan digunakan dalam menghadapi pilkada serentak tahun 2020.

Penyelenggaran pilkada kali ini harus dipersiapkan, agar dalam pilkada tidak membentuk klaster baru penyebaran Covid -19.

"Saya minta dalam setiap tahapan pilkada sejak dari pendaftaran pasangan calon (paslon), pengumuman kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, serta perhitungan suara harus mematuhi protokol kesehatan Covid -19," ujarnya.

Kapolda berpesan kepada masyarakat dan paslon, agar melaksanakan pesta demokrasi yang sebaik-baiknya. Polri, TNI, seluruh yang terkait siap untuk mengamankan. Masyarakat tidak perlu takut, gunakan hak pilihnya sebaik mungkin. Dirinya berharap partisipasi masyarakat tahun ini bisa melebihi 70 persen, minimal sama dengan tahun sebelumnya.

Mengakhiri arahan, Kapolda Babel mengingatkan kepada semua stakeholder agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, jaga netralitas, terus jalin kerja sama dengan semua elemen masyarakat. Sehingga Bangka Barat tetap aman, harmonis, serta agenda demokrasi yang disiapkan berjalan lancar.

Usai apel gelar pasukan, dilangsungkan simulasi pengamanan pemilukada bupati dan wakil bupati Kabupaten Bangka Barat. Kegiatan ini disaksikan oleh Gubernur Erzaldi Rosman, Kapolda Babel, forkopimda, paslon, parpol, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan undangan lainnya. (BBR)


Penulis : Hasan. A. M (Diskominfo Babel)

Editor   : Kasmir