Desa Bukit Layang Raih Juara Satu Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Irwan
Desa Bukit Layang Raih Juara Satu Lomba Desa Tingkat Kabupaten

BAKAM, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemkab Bangka melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyerahkan penghargaan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bangka 2021, Senin (6/9/2021).

Dalam lomba tersebut, Desa Bukit Layang berhasil meraih juara 1. Sedangkan untuk juara 2 hingga harapan 3 diperoleh Desa Karya Makmur, Pagarawan, Kayu Besi, Banyu Asin, dan Rebo.

Sebagai suatu bentuk apresiasi, Pemerintah Kabupaten Bangka memberikan sejumlah penghargaan berupa uang pembinaan. Untuk juara satu mendapatkan sebesar Rp 7,5 juta, juara dua sebesar Rp 5 juta, dan juara tiga sebesar Rp 3,5 juta serta piagam penghargaan.

Kepala Desa Bukit Layang, Andry kepada Babel Review mengatakan, pihak Pemerintah Desa Bukit Layang selalu menerapkan administrasi yang baik dan akuntabilitas, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Persiapan kami terutama di bidang administrasi dan kekompakan tim sesuai tupoksi masing-masing melengkapi juknis lomba. Apapun yang menjadi keberhasilan Desa Bukit Layang tidak terlepas dari tim dan dukungan stakeholder," ujar Andry.

Dikatakan Andry, penentuan juara lomba didasarkan pada aspek pemerintahan, aspek kemasyarakatan, aspek pembangunan, aspek inovasi dan aspek pertumbuhan sosio-ekonomi masyarakat.

"Artinya penilaian administrasi dan apakah program pemerintah desa tepat sasaran atau tidak," katanya.

Selama ini, dikatakan Andry, Pemdes Bukit Layang banyak menelurkan inovasi ide, dan gagasan baru. Terlebih di saat pandemi Pemdes Bukit Layang memiliki program pemberdayaan masyarakat, untuk membantu meningkatkan perekonomian.

"Terima kasih kepada seluruh stakeholder terutama perangkat desa, BPD, bidan, kecamatan, kabupaten dan stakeholder yang telah membina Desa Bukit Layang. Ini adalah keberhasilan kita bersama, semoga prestasi ini dapat kami pertahankan," ujarnya.

Andry juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangka yang telah menyelenggarakan lomba desa, sehingga memacu desa untuk meningakatkan kemajuan dan kesejahteraan.

"Harapan kami ke depannya dengan prestasi ini membuat pemerintah desa semakin semangat lagi untuk berbuat, artinya jangan besar hati dengan prestasi ini tapi jadikan prestasi ini sebagai pemacu semangat kita agar lebih baik lagi, mudah-mudahan kita menjadi desa terbaik nasional," harapnya. (BBR)