Desa Jelutung Dorong Perkebunan Pisang Kepok untuk UKM

faisal
Desa Jelutung Dorong Perkebunan Pisang Kepok untuk UKM
Syahril, Kades Jelutung, Kecamatan Namang. (Ist)

JELUTUNG, BABELREVIEW.CO.ID -- Guna mengembangkan potensi usaha kecil menengah (UKM) berbahan baku pisang, Pemdes Jelutung akan mendorong penanaman pisang kepok di lahan Empat Hektar milik Desa.

Kepala Desa Jelutung Syahril mengatakan, ketersediaan bahan baku masih menjadi kendala dalam pengembangan usaha kripik pisang UKM yang akan pihak kembangkan melalui Kelompok Wanita Tani Desa Jelutung.

"Di tahun 2020 kita akan memprogramkan penanaman pisang kepok dengan memanfaatkan lahan milik desa seluas Empat hektar namun secara bertahap per Dua Hektar untuk menunjang kebutuhan bahan baku dalam pengembangan UKM desa,"ujarnya, Kamis (23/1/2020).

Sembari menunggu panen, dalam prosesnya nanti, penanaman pisang kepok di lahan milik desa akan ditumpang sarikan dengan tumbuhan lain seperti bawang dan cabai agar lahan tidak hanya menghasilkan Satu komoditi

"Dilahan Empat hektar tersebut kita akan memberdayakan Enam Kelompok Tani (poktan) dan dilakukam secara bertahap dengan lahan Dua hektar terlebih dahulu,"tuturnya.

Setelah panen, hasilnya tidak akan dijual, melainkan akan langsung dikelola oleh KWT untuk dijadikan UKM seperti selai pisang, keripik pisang dan bermacam makanan berbahan pisang lainnya.

Dalam pelaksanaannya kita akan bersinergi dengan pemkab dengan menggunakan pupuk Ma11 yang dimana bisa membuat tumbuhan menjadi sehat dan tahan akan hama,"pungkasnya