Desa Lubuk Pabrik Panen Cabai 1,5 Ton

kasmirudin
Desa Lubuk Pabrik Panen Cabai 1,5 Ton
Pemerintah Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Bersama Kelompok Tani Tunas Baru kembali melakukan panen Cabai bersama kelompok petani, Jumat (16/8/2019). (Foto: Faisal).

LUBUK BESAR, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, kembali melakukan panen Cabai bersama kelompok petani, Jumat (16/8/2019).

Kepala Desa Lubuk Pabrik, Saipul mengatakan, panen kali ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Kelompok Tani Tunas Baru Desa Lubuk Pabrik.

"Alhamdulillah panen pertama sebelumnya pada 6 Agustus lalu kita berhasil menghasilkan 6 ton Cabai dan sekarang pada panen kedua kita menghasilkan 1,5 ton Cabai merah. Hasil tersebut akan langsung dijual ke pasar desa dengan harga Rp 65.000/kg," ujar Saipul kepada Babel Review, Jumat (16/8/2019).

Ia menjelaskan, keberhasilan panen Kelompok Tani Tunas Baru Desa Lubuk Pabrik ini, merupakan hasil pemberdayaan desa yang pengelolaannya menggunakan 30 persen dari Anggaran Dana Desa (ADD).

"Semua ini berkat alokasi pemberdayaan melalui ADD yang kita fokuskan potensi desa, yakni sektor pertanian yang sudah terlihat hasilnya sekarang," tuturnya.

Saipul menerangkan, Dana Desa sudah seharusnya dialokasikan untuk pemberdayaan, salah satunya dengan membuat pos anggaran untuk potensi pertanian tanaman holtikultura di Desa Lubuk Pabrik.

"Pemdes Lubuk bersama Pemkab Bangka Tengah berkomiten untuk mengembangkan potensi desa, terutama sektor pertanian dengan mengalokasikan 30 persen dari ADD untuk pengembangan pertanian. Dengan begitu akan ada peningkatan ekonomi di masyarakat," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review