Desa Melabun Ditunjuk Sebagai Role Model Kampung Tegap Mandiri Covid 19

faisal
Desa Melabun Ditunjuk Sebagai Role Model Kampung Tegap Mandiri Covid 19
Sinergi Pemdes Melabun Bersama Lembaga lintas sektoral dan masyarakat. (Ist)
Program Pemberdayaan Sektor Pertanian Untuk Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi
Program Pemberdayaan Sektor Pertanian Untuk Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi
Ruang Isolasi Kampung Tegap Mandiri Desa Melabun
Ruang Isolasi Kampung Tegap Mandiri Desa Melabun
Penyebaran Tempat Pencucian Tangan.
Penyebaran Tempat Pencucian Tangan.

SUNGAISELAN, BABELREVIEW.CO.ID -- Desa Melabun, Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah ditunjuk oleh Polres Bateng melalui Polsek Sungaiselan sebagai pilot project Kampung Tegap Mandiri Covid 19.

Dalam penilaian yang dilaksanakan tim Polsek Sungaiselan tersebut, Desa Melabun lomba sangat siap untuk menjadi role model sebagai desa yang cepat tanggap untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 di Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah

Kepala Desa Melabun, Darsono mengatakan, penunjukan ini menjadi motivasi pihaknya dalam mewujud Desa Melabun sebagai contoh desa yang mampu melaksanakn program penanggulangan covid serta ketahanan pangan

"Desa Melabun sudah sangat siap menjadi kampung tegap mandiri Covid 19, hal tersebut kami buktikan dengan penerapan pelaksaan program pencegahan covid seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh serta menyiapkan ruang isolasi,"ujarnya, Selasa (24/6/2020).

Ia menerangkan, selain program pencegahan, pihaknya juga turut membantu warga yg terdampak covid menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana desa (DD) serta pendapatan asli desa (PADes).

"Dalam segala upaya ini, kami merasa bangga desa kami bisa dipercaya oleh Polres Bateng melalui Polsek Sungaiselan untuk menjadi pilot projet kampung tegap mandiri Covid 19, penunjukan ini akan kami jadi motivasi agar bisa menjadi kampung tegap mandiri covid terbaik di Propinsi Babel,"terangnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan terus melakukan upaya agar semua warga bisa menjalankan SOP protokol covid yang telah dikeluarkan oleh Pemdes Melabun serta menambah fasilitas-fasilitas dibidang kesehatan seperti mobil ambulan dan renovasi pos kesehatan desa (Poskesdes).

"Dalam realisasi program ini tentunya ada sinergi yang terus dilalukan oleh pihak pemdes dan pihak kepolisian melalui Bhabinkamtibnas, untuk itu kami akan terus meningkkan kerja sama ini demi menciptakan situasi yang kondusif demi menciptakan kampung tegap mandiri covid,"pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal

Editor    : Admin03