Desa Namang Kembangkan Potensi Peternakan Sebagai Sumber PAD

faisal
Desa Namang Kembangkan Potensi Peternakan Sebagai Sumber PAD
Perangkat Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah. (Ist)

NAMANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Selain melestarikan komiditi utama dibidang pertanian, Pemerintah Desa (Pemdes) Namang, Kecamatan Namang juga gencar melaksanakan pemberdayaan masyarakat dibidang peternakan.

"Sejak kita bantu Tiga ekor Sapi pada Tahun 2017 dan Empat ekor Sapi pada Tahun 2019 sekarang sudah berkembangbiak hingga Dua kali lipat sebanyak 15 ekor sehingga berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar Tiga hingga Enam Juta dan akan terus bertambah setiap tahun,"ujarnya

Dari hasil tersebut, dirinya mulai menggaungkan pemberdayaan masyarakat dibidang peternakan karena mampu memberi pemasukan terhadap PAD serta bisa mensejahterakan para peternak sapi.

"Kita ingin dari hasil pemberdayaan ini masyarakat bisa mandiri dengan memanfaatkan segala potensi desa termasuk pertanian dan peternakan sehingga mampu meningkatkan perekonomian keluarga,"ucapnya

Wahid mengatakan, pada tahun 2020 ini pihaknya sudah mencanangkan program dengan melaksanakan berbagai kegiatan pemberdayaan yang bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat diantaranya budidaya ternak ayam, pelatihan jahit dan sablon.

"Tujuan pemdes jelas ingin masyarakat mandiri, kita berdayakan mereka dengan pelatihan-pelatihan agar bisa meningkatkan kemampuan, jadi nanti bila ada kegiatan desa kita tidak perlu gunakan jasa lain namun kita manfaatkan dengan berdayakan warga desa yang sudah ahli,"pungkasnya. (BBR)


Penulis   : Faisal

Editor     : Admin03

Sumber  : Babel Review