Desa Namang Siap Jadi Kampung Pangan Halal

Admin
Desa Namang Siap Jadi Kampung Pangan Halal
Foto:Andre

KEPALA DESA NAMANG Wahid menanggapi baik adanya program Kampung Pangan Halal dari Pemprov Bangkja Belitung dan MUI Babel. Belum lama ini ia telah mengikuti sosialisasi Kampung Pangan Halal bersama kepala desa lainnya. Menurutnya Desa Namang sebagai desa wisata yang banyak memiliki produk UMKM sangat berpotensi jika dibangun Kampung Pangan Halal.

“Kami menyambut baik program Kampung Pangan Halal, kemarin kami ikut sosialisasi dan jadi tahu bagaimana pentingnya produk makanan dan minuman yang tersertifikasi halal apalagi untuk kita seorang muslim,” ujar Wahid. Selain terkenal dengan destinasi wisata Hutan Pelawan, Wahid menjelaskan Desa Namang memiliki banyak potensi unggulan, seperti produk madu yang diambil langsung dari Hutan Pelawan, kulat atau jamur pelawan yang memiliki harga tinggi, serta aneka pangan olahan khas Bangka, seperti kemplang, getas dan lainnya.

Baca juga:Aik Rusa Beruhun :Gairah Sadar Wisata Dari Desa Terong

Namun masih banyak produk yang belum disertifikasi halal oleh LPPOM MUI mengingat belum tersosialisasikan. “Disini juga ada produk tahu sumedang, bakso dan jajanan lainnya menurut saya itu juga sangat perlu disertifikasi halal agar pengunjung yang datang ke desa kami tidak ragu lagi, walaupun memang sudah diproduksi secara halal,” ujarnya.

Wahid mengatakan untuk menjadi Kampung Pangan Halal perlu kerjasama dengan pemerintah daerah dan MUI Babel untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan memberikan lebih jauh lagi pemahaman dan manfaat produk pangan halal. “Yang terpenting masyarakat tahu dulu manfaatnya agar tumbuh kesadaran, kalau masyarakat dan perangkat desa saya yakin karena program ini bagus pasti kami akan dukung agar desa kami lebih berkah dan menjadi desa wisata yang lebih terkenal,” ungkapnya. (BBR)


Penulis  : Irwan
Editor    : Sanjay
Sumber  :Babel Review