Desa Tanah Bawah Salurkan BLT DD Tahap Dua untuk 52 KK

kasmirudin
Desa Tanah Bawah Salurkan BLT DD Tahap Dua untuk 52 KK
Pemerintah Desa Tanah Bawah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap dua untuk 52 kepala keluarga (KK) yang masuk dalam kategori berhak menerima, Kamis (4/6/2020). (Foto: irwan)

PUDINGBESAR, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Desa Tanah Bawah kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap dua untuk 52 kepala keluarga (KK) yang masuk dalam kategori berhak menerima.

BLT DD yang diterima yakni sebesar Rp 600 ribu per KK, selama 3 bulan dan bantuan tahap ketiga akan disalurkan bulan depan.

Kepala Desa Tanah Bawah, Holidi kepada babelreview.co.id mengatakan, penyaluran BLT ini diberikan kepada masyarakat yang telah disepakati berhak menerima melalui musyawarah desa.

"Ya, mereka yang diberikan bantuan ini adalah mereka yang dipilih berdasarkan musyawarah desa yang kami lakukan sebanyak tiga kali," katanya, Kamis (4/6/2020).

Holidi menjelaskan, kriteria penerima BLT-DD ini adalah keluarga miskin, yang terdapat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang kehilangan mata pencaharian akibat dampak dari Covid-19 ini, atau terdapat anggota keluarga berpenyakit kronis/menahun, tidak masuk dalam peserta Program keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta calon penerima BLT-DD harus memiliki nomor induk kependudukan (NIK).

"Kalau kami prioritas yang pertama jelas data yang ada di DTKS dan belum terbantu oleh dana pemerintah dan mereka yang dianggap layak menerima. Karena ada yang menderita penyakit menahun dan yang terdampak langsung, karena penghasilannya hilang," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada masyarakat yang menerima bantaun untuk dapat manfaat bantuan tersebut sebaik mungkin, agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Karena bantuan ini hanya diberikan selama 3 bulan.

"Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir