Destinasi Wisata Babel 2019 yang Layak Dikunjungi (1)

kasmirudin
Destinasi Wisata Babel 2019 yang Layak Dikunjungi (1)
Kawasan wisata Bukit Peramun Belitung. (dok)

BANGKA BELITUNG, BABEL REVIEW – Bangka Belitung memiliki begitu banyak tempat destinasi wisata, yang layak untuk dikunjungi wisatawan pada 2019 ini. Tidak hanya keindahan pantainya yang sudah begitu terkenal, namun juga destinasi wisata alam lainnya. Berikut destinasi wisata yang ada di provinsi kepulauan ini.

 

1. Bukit Peramun

 

 

Terletak di Desa Air Selumar, bukit ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Tanjungpandan melalui Desa Air Seruk.

Setelah membayar retribusi 10 ribu rupiah per orang, pengunjung diberikan gelang kertas sebagai pertanda tiket masuk. Kemudian dengan cekatan, seorang pemandu (guide) segera mendampingi pengunjung sejak titik start keberangkatan menuju Bukit Peramun.

Bagi Anda pecinta film ber-genre fantasi Lord Of The Rings, tentu familiar dengan set rumah kayu mungil ini. Sepanjang perjalanan tracking di area yang memiliki luas total 115 hektar tersebut, pengunjung dapat menemui pepohonan hutan yang beragam.

Setelah berjalan kaki menanjak sekitar 15 menit, pengunjung akan sampai di spot Batu Kembar. Dua batu granit yang unik, sayang jika tak diabadikan untuk ber-swafoto. Kemudian dengan berjalan sedikit lagi ke atas, kita akan sampai ke puncak bukit yang memiliki ketinggian sekitar 129 mdpl tersebut.

 

 

2. Hutan Mangrove Desa Kurau

 

 

Berkonsep awal menjadikan tanaman mangrove sebagai tanaman yang dilestarikan dan sebagai tempat edukasi. Fasilitas penunjang untuk mempercantik hutan mangrove pun mulai dibangun seperti pendopo tempat beristirahat serta jembatan kayu yang diperuntukkan bagi pejalan kaki mengitari area wisata ini. Tak ketinggalan sebuah spot untuk berswafoto disediakan persis di pintu masuk jembatan kayu.

Dengan hanya membayar Rp 10.000 saja pengunjung bisa bersantai menggunakan hammock atau ayunan sembari menikmati semilir angin yang berhembus di sela pepohonan. Di lokasi wisata ini juga ada beberapa  jenis burung dan kawasan ini akan dijadikan lokasi pengamatan aneka jenis burung (birdwatching).

Selain berjalan kaki, para pengunjung dapat menyusuri sungai yang di kelilingi lebatnya pepohonan mangrove serta jika beruntung dapat melihat satwa liar. Tak hanya tempat wisata, di hutan mangrove ini juga terdapat tiga buah tambak yang masing-masing berukuran 20 x 30 meter. Tempat wisata ini tidak jauh dari Kota Pangkalpinang dan dapat ditempuh dengan kendaraan sekira 30 menit.

 

 

3. Pulau Kelayang

 

 

Bangka Belitung terkenal dengan keindahan wisata lautnya. Salah satunya Pulau Kelayang.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini dapat menumpang boat nelayan, untuk menuju kawasan wisata yang terletak di Pulau Belitung ini.

Pulau Kelayang memiliki berbagai spot untuk berselfie seperti goa di dalam pulau. Dengan melakukan tracking berjalan kaki menuju sisi lain pulau, kita akan bertemu dengan spot batu-batu granit raksasa.

Mirip-mirip dengan bebatuan granit di Pantai Tanjung Tinggi (lokasi shooting film Laskar Pelangi-red), namun di bawahnya terdapat air kira-kira setinggi pinggang. Walau bukan goa dalam makna sebenarnya, tapi inilah Goa Kelayang yang juga mulai populer di kalangan netizen.

 

 

 4. Pantai Tanjung Pesona

 

Bagi Anda yang ingin beristirahat sambil menikmati indahnya panorama laut nan biru, Tanjung Pesona Beach Resort bisa dijadikan pilihan. Cottage yang nyaman dengan berpasir putih sangat cocok untuk tempat liburan penuh kesan di salah satu andalan objek wisata favorit di Bangka ini.

Hotel dengan slogan “The Amazing Multi View Seaside Resort ini Bangka” ini memasang tarif kamar Rp 598.00 - Rp 3.598.000, mulai standar room hingga villa dua kamar. Di resort dengan 63 kamar lengkap dengan hotspot free wifi  ini para pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas, seperti spa, restoran, dan speed boat tour.

Tak hanya itu, juga ada watersport jet ski dan banana boat, serta The Ocean Restaurant, yakni kafe yang bisa menyediakan bakar ikan segar dan barbeque.Berlokasi di Jalan Pantai Rebo Sungailiat ini, orang bisa menggelar berbagai acara, seperti  arisan, ulang tahun, dan lainnya dengan dukungan fasilitas konferensi yang lengkap sembari menikmati segarnya udara laut. 

 

 

 

 5. Rumah Keong

 

 

Objek wisata Dermaga Kirana atau biasa dikenal Rumah Keong terletak di depan replika  SD Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung  Kabupaten Belitung Timur. Jaraknya sekitar  65 km dari bandara Hanandjoedin Tanjungpandan atau bisa ditempuh satu jam perjalanan dengan mobil dan sekitar 26 km dari Kota Manggar.

Tempat ini cukup unik karena berada di tepian Sungai Lenggang yang masih alami dan keberadaannya diperuntukkan sebagai tempat sarana rekreasi yang terbuka untuk pengunjung. Oleh karena itu tidak sedikit para pengunjung yang masuk ke kawasan ini untuk berfoto. Mereka dapat merasakan sensasi berdiri di Rumah Keong yang terbuat dari rotan dan tidak perlu kuatir hanyut karena beban Rumah Keong yang sangat berat. (BBR)


Penulis : Kasmir
Editor   : Kasmir
Sumber : Babelreview