Digitalisasi Media Massa dalam Mendukung Konsumen Cerdas

Kasmirudin
Digitalisasi Media Massa dalam Mendukung Konsumen Cerdas
Mislam Saripudin.

DI ZAMAN era digitalisasi saat ini, hampir semua kegiatan dapat dipublikasi di  media massa. Oleh karenanya media memiliki peran yang sangat penting dalam segala sisi, terlebih di era keterbukaan informasi saat  ini. Masyarakat dapat mengakses berbagai  informasi di media massa, baik media massa elektronik, cetak dan online.

Oleh sebab itu fungsi media massa sangatlah penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga perannya dalam menambah pengetahuan masyarakat dapat tercapai dengan baik.

Merujuk pada pengertian media massa, media massa adalah suatu alat bantu utama dalam proses komunikasi massa. Sebab komunikasi massa sendiri secara sederhana adalah suatu alat transmisi informasi seperti koran, majalah, buku, film, radio dan televisi atau suatu kombinasi bentuk dari bentuk-bentuk media. (Asep S M,1999 : 173).

Selain itu, media adalah pesan, karena media membentuk dan mengendalikan sekala serta bentuk hubungan dan tindakan manusia”. (Rahmat, 2007:20).

Berdasarkan teori di atas, media massa memiliki peran sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, yang bentuknya berupa koran, majalah, buku, film, radio dan televisi serta media online.

Merujuk pada hal tersebut, sudah sepatutnya pemerintah dapat memanfaatkan peran media massa untuk mensosialisasikan berbagai macam peraturan peraturan, termasuk peraturan hak  dan kewajiban konsumen yang ada di Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UU PK)  No. 8 tahun 1999. Sehingga masyarakat akan paham tentang Perlindungan Konsumen.

Kenapa konsumen harus dilindungi atau mendapat perlindungan? Karena konsumen seorang pembeli barang dan jasa dari perusahaan melalui penjual. Sudah pasti jika barang dan jasa yang dibelinya tidak bagus atau kurang berkualitas maka akan kecewa, bahkan akan marah atau sedikit banyak “ngedumel”.

Oleh karena itu untuk menanggapi keluhan dari konsumen, pemerintah mengeluarkan peraturan untuk melindungi hak dan kewajiban konsumen. Dimana haknya itu, konsumen berhak mengadukan barang dan jasa yang di belinya jika tidak sesuai dengan harapan kepada lembaga atau instansi terkait, misalnya saja ke  Layanan Pengaduan Konsumen (LPK) Bangka Belitung dengan Nomor telepon 0811-7109-666 dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau lebih di kenal YLKI di daerah masing-masing.

Sebagaimana kita ketahui bersama hak konsumen telah di atur dalam Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UU PK) salah satunya yaitu hak mendapatkan barang/jasa yang aman, nyaman dan sesuai dengan yang dijanjikan, hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/jasa yang digunakan, hak mendapatkan perlindungan dan penyelesaian sengketa; dan hak mendapatkan konpensasi dan ganti rugi jika barang yang diterima tidak sesuai serta hak-hak lainya yang diatur dalam UU PK.

  • Halaman
  • 1
  • 2