Dinas Perhubungan Bangka Siap Membantu Pihak Kkp Antisipasi Penumpang Masuk Pelabuhan

Ibnuwasisto
Dinas Perhubungan Bangka Siap Membantu Pihak Kkp Antisipasi Penumpang Masuk Pelabuhan
Kepala Dinas Perhubungan Bangka, Khairil Anwar bersama dengan Juru Bicara Bupati Bangka Gugus Tugas Penanganan Covid-19 bersama Kepala Dinas BPBD Bangka M Ansori Muslim saat menggelar konferensi pers di halaman Kantor BPBD Bangka, Selasa (24/3/2020). (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Bupati Bangka Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Boy Yandra memberitahukan bahwa pihaknya menerima informasi bahwa hari ini ada yang masuk 68 orang dan yang keluar 10 orang di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Bangka. Tetapi pihaknya sudah antisipasi semuanya dengan bekerjasama dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (Kkp) yang di Pelabuhan Tanjung Gudang.

Hal tersebut disampaikannya saat konferensi pers terkait dengan penanganan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 oleh tim gugus tugas pemkab Bangka di halaman Kantor BPBD kabupaten Bangka, Selasa (24/3/2020).

"Sesuai dengan himbauan Bupati bahwa tidak boleh melakukan kegiatan keramaian, dan jika ingin melakukan ibadah dapat dilakukan secara sendiri-sendiri. Dan semoga saja instruksi Bupati Bangka dapat di patuhi oleh semua tempat ibadah," himbaunya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka, Khairil Anwar mengatakan jika sebelum ada kejadian penanggulangan penyebaran wabah virus corona ini setiap pelabuhan sudah ada prosedur tetap (protap) untuk penanganan kepada orang yang masuk ke pelabuhan.

"Untuk hal seperti ini, kita sifatnya koordinasi dan membantu. Karena setiap pelabuhan dan bandara sudah ada Kkp yang sudah ada tenaga medisnya. Tetapi untuk kasus yang saat ini dihadapi, mereka membutuhkan bantuan tenaga medis dan dengan adanya tim gugus tugas ini jadi kita sudah siap membantu," ujarnya.

Ia menjelaskan jika dalam kondisi saat ini pihaknya selalu mendapatkan data kapal yang masuk dan keluar dari pelabuhan. Jadi pihaknya akan selalu siap dalam membantu petugas pelabuhan dari sisi peralatan, personil atau yang lainnya.

"Tetapi jika ada orang yang terindikasi ODP maka sudah menjadi tugas dari tim gugus karena pihak pelabuhan tidak mempunyai ruang untuk isolasi. Dalam hal ini kita harus selalu koordinasi dengan beberapa lintas sektoral," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review