Dinas Pertanian Bangka Tengah Anjurkan Petani Gunakan Pupuk Organik

kasmirudin
Dinas Pertanian Bangka Tengah Anjurkan Petani Gunakan Pupuk Organik
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir. (ist)

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menganjurkan para petani di daerah itu menggunakan pupuk organik untuk menyuburkan tanaman dan meningkatkan produksi.

"Kami menganjurkan para petani menggunakan pupuk organik, terutama para petani hortikultura," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir di Koba, Jumat (25/1/2019).

Ia menjelaskan, penggunaan pupuk organik terbukti lebih menguntungkan baik untuk meningkatkan produksi maupun kesuburan tanaman dan kesuburan tanah.

"Sudah banyak para petani yang lebih banyak menggunakan pupuk organik, produksinya lebih banyak dibanding petani yang sedikit menggunakan organik," ujarnya.

Ia juga mengatakan, penggunaan pupuk organik mampu menekan biaya operasional sehingga hasil panen berbanding lurus dengan biaya produksi dan petani tidak merugi.

"Kami menganjurkan petani menggunakan 80 persen pupuk organik dan 20 persen pupuk kimia untuk mendapatkan hasil yang baik," ujarnya.

Ia mengatakan, petani tidak terlalu sulit mendapatkan pupuk organik karena sudah banyak warga yang memproduksi sendiri pupuk jenis ini.

"Jadi tidak sulit mendapatkan pupuk organik, maka kami mengimbau mulai sekarang petani harus membiasakan menggunakan pupuk organik," ujarnya. (BBR)


Penulis : Ant    
Editor   : Kasmir
Sumber : Babelreview