Dinyatakan Sembuh Covid-19, WNA Bangladesh Akan segera Dipulangkan

kasmirudin
Dinyatakan Sembuh Covid-19, WNA Bangladesh Akan segera Dipulangkan
dr. Armayani. (Foto: dok)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Warga Negara Asing (WNA) asal Bangladesh yang positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dinyatakan telah sembuh, setelah hasil swab ke lima dan enam secara berturut-turut negatif.

Selanjutnya pasien ini bersama enam rekan lainnya akan dipulangkan ke negara asalnya, setelah semua persyaratan terpenuhi.

Hal tersebut disampaikan, Direktur RSUP Dr. Soekarno Air Anyir, dr. Armayani. Ia mengatakan bahwa setelah dilakukan beberapa kali pemeriksaan swab tadi malam, swab keenam pasien M asal Bangladesh, sudah dinyatakan sembuh.

"Swab keenam tadi malam sudah keluar, hasilnya negatif. Nanti akan kita urus mengenai kepulangan mereka," kata Armayani, Jumat (12/6/2020) pagi.

Ia menyebutkan, rencananya pada hari ini akan ada 4 orang yang dipulangkan. Tiga orang lainnya, setelah hasil pemeriksaan swab dua orang lainnya keluar.

"Ada dua rekannya yang kita swab ulang, tadi malam sudah diambil sampelnya. Pagi ini nanti diputar di lab, dan malam nanti sudah ada hasilnya, kemungkinan besok tiga orang akan kita pulangkan," jelasnya.

"Kita tidak akan mempersulit, dan akan membantu proses pemulangan berkoordinasi dengan tim gugus dan pihak lainnya," terang Armayani.

Diketahui pasien M ini sudah dikarantina sejak 9 Mei 2020, karena hasil rapid test dinyatakan reaktif. Setelah dilakukan pemeriksaan swab, didapati hasil positif. Sempat mendapat hasil negatif, namun setelah diperiksa swab keempatnya masih positif, dan menunggu dua hasil swab berturut negatif baru bisa dinyatakan sembuh.

Pasien M, memiliki penyakit penyerta salah satunya diabetes. Sehingga proses pemulihan lebih lama ditambah faktor usia dan imunitas yang menyebabkannya sembuh lebih lama. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir