Direktur LPPOM MUI Babel: Kabupaten Bangka Paling Banyak Buat Sertifikasi Halal Bagi UMKM

Irwan
Direktur LPPOM MUI Babel: Kabupaten Bangka Paling Banyak Buat Sertifikasi Halal Bagi UMKM
Direktur LPPOM MUI Provinsi Bangka Belitung Nadi Pratomo

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Direktur LPPOM  MUI Provinsi Bangka Belitung Nadi Pratomo mengatakan Kabupaten Bangka merupakan salah satu kabupaten yang paling banyak membuat sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri kegiatan penyerahan sertifikat halal, sarana dan prasarana yang dilakukan oleh Dinas PMP2KUKM Kabupaten Bangka, Senin (11/1/2021).

Ia menambahkan pihaknya menargetkan pada tahun 2021 menjadi puncak kegiatan tingkat internasional dalam menarik sebanyak banyaknya dari luar negeri.

Bahwa saat ini sertifikat halal merupakan suatu kewajiban sesuai UU nomor 33 tahun 2014.

"Hal ini sudah direalisasikan oleh Kabupaten Bangka yang tahun ini telah membuat 170 sertifikat halal. Kabupaten terbanyak yang memfasilitasi sertifikat halal bagi para pelaku UMKM, dan kami mengucapkan selamat. Ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah, mudah mudahan hal ini dapat banyak menarik wisatawan datang ke Bangka dengan ditunjang potensi wisata dan lainnya," terangnya, Senin (11/1/2021).

Pihaknya saat ini telah membuat 2.035 sertifikat ketetapan halal yang sudah dikeluarkan.

Sehingga nantinya ia akan menargetkan untuk evaluasi bersama dengan Bank Indonesia, MUI pusat dan kementerian terkait bahwa di Bangka Belitung yang paling bagus dan real dijadikan the halal tourism destination.

"UMKM di Bangka ini saya pikir sudah siap karena ada pembinaan yang bagus dan produknya pun juga bagus, hal ini harus ditunjang dengan legalitas seperti sertifikat halal lalu ditunjang juga dengan distribusi yang baik. Berkaitan dengan itu, kami ingin mengajak kepada UMKM dan dinas terkait dengan melakukan ekspansi ke negara terdekat seperti Malaysia ataupun Singapura," jelasnya.

  • Halaman
  • 1
  • 2