Disinyalir Jadi Pintu Masuk Barang Ilegal, Polisi Perketat Pengawasan Pelabuhan Tanjung Kalian

kasmirudin
Disinyalir Jadi Pintu Masuk Barang Ilegal, Polisi Perketat Pengawasan Pelabuhan Tanjung Kalian
Jajaran Polres Bangka Barat melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang keluar masuk di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Rabu (9/10/2019) malam. (Foto: Ist)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Pelabuhan Tanjung Kalian sebagai salah satu pintu gerbang keluar masuk untuk menuju ke Pulau Bangka, tentu memiliki potensi sebagai pelabuhan tempat masuk dan keluarnya barang-barang ilegal. Aparat kepolisian pun mensinyalir keluar masuk barang-barang illegal tentunya sangat mudah.

Diperlukan sebuah pengawasan yang lebih untuk menutup ruang gerak dari oknum-oknum yang membawa, baik keluar maupun masuk barang-barang illegal ke Pulau Bangka.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi keluar masuknya barang-barang illegal tersebut, Polres Bangka Barat melakukan upaya peningkatan pengawasan terhadap barang-barang yang keluar masuk di Bangka Barat.

Pengawasan itu pun tertuju di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat, yang menjadi pintu utama keluar masuknya orang dari luar Pulau Bangka.

Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, juga menginstruksikan jajarannya, untuk menutup segala bentuk akses yang dapat dijadikan untuk keluar masuk ke Pulau Bangka dari Bangka Barat beberapa jalur sungai yang menghubungkan langsung ke Pulau Bangka.

"Pelabuhan Tanjung Kalian adalah sasaran utama untuk mengawasi barang-barang illegal di Bangka Barat. Karena ini pintu gerbang utama untuk keluar masuk yang ada di Pulau Bangka," ungkap Kapolres, Rabu (9/10/2019) malam.

Ia menambahkan, alasan lain Pelabuhan Tanjung Kalian yang dijadikan sasaran utama untuk mengawasi keluar masuk nya barang-barang illegal di Pulau Bangka yaitu langsung berhadapan dengan Pulau Sumatera yakni Provinsi Sumatera Selatan.

"Kedua pelabuhan ini langsung berhadapan dengan Provinsi Sumsel Selatan, kita anggap pelabuhan ini adalah sasaran yang paling tepat untuk mengawasi keluar masuknya barang-barang illegal di Bangka Barat," terangnya.

Selain itu, peningkatan pengawasan akan lebih terfokus pada jalur-jalur laut lainnya, seperti alur sungai yang menghubungi dengan langsung ke laut.

Sementara, Kasat Tahti Polres Bangka Barat AKP Edwar yang terlibat dalam giat pemeriksaan di Tanjung kalian mengatakan, kegiatan pengawasan terhadap barang-barang illegal yang di bawah dari jalur-jalur pelayaran. Maka pihaknya melakukan pemeriksaan armada angkutan khususnya yang membawa barang-barang dan juga penumpang yang turun.

"Sasaran kami yakni truk yang bermuatan barang-barang baik yang masuk maupun keluar. Kita cek satu per satu. Selain itu, kami juga mengecek untuk memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan serta identitas pemilik maupun identitas pengedara truk itu sendiri," ungkap Edward. (BBR)


Penulis  : Buditio
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review