Disperindag Babel Dirikan 20 Pos Layanan Pengaduan Konsumen

Kasmirudin
Disperindag Babel Dirikan 20 Pos Layanan Pengaduan Konsumen
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung akan mendirikan 20 titik Pos Layanan Pengaduan Konsumen (PLPK). (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan mendirikan 20 titik Pos Layanan Pengaduan Konsumen (PLPK).

Kabid Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Fadjri Djagahitam, SH menjelaskan 20 titik PLPK yang rencananya akan dilaksanakan di Babel, baru tiga yang terlaksana yaitu Pasar Sungaiselan, Puncak Mall Sungailiat dan Puncak Mall Pangkalpinang.

Menurutnya, untuk pelaksanaan Pos Layanan Pengaduan Konsumen ini, rencananya akan dilaksanakan di sejumlah pasar tradisonal dan pasar modern di kabupaten dan kota.

“Rencananya hingga akhir tahun ada 20 titik dan baru tiga titik yang telah terlaksana,” katanya.

Fadjri lebih jauh menjelaskan, bahwa maksud dari pelaksanaan Pos Layanan Pengaduan Konsumen adalah untuk menyediakan wadah pengaduan konsumen bagi masyarakat dan membantu menyelesaikannya.

Sementara tujuan dari pelaksanaan Pos Layanan Pengaduan Konsumen itu sendiri lanjut Fadjri, untuk melindungi konsumen dari ekses negatif pemakaian barang dan/atau jasa yang berasal dari barang dan jasa yang tidak memenuhi persyaratan aspek keamanan, keselamatan, dan kesehatan. Kemudian menyediakan wadah untuk menampung pangaduan konsumen dan memberikan informasi kepada masyarakat selaku konsumen mengenai hak-hak dan kewajibannya.

“Saya berharap dengan adanya Pos Layanan Pengaduan Konsumen yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi ini, masyarakat selaku konsumen mempunyai kesadaran untuk melakukan pengaduan ataupun melaporkan pelanggaran yang terjadi terkait dengan barang atau jasa yang beredar. Sehingga hak-hak mereka sebagai konsumen dapat terlindungi. Dengan begitu memotivasi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing di pasar global,” harapnya.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan dan Pemberdayaan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel menambahkan tahun 2020 Pos Layanan Pengaduan Konsumen (PLPK) hanya bisa dilaksanakan sejumlah pasar tradisional dan pasar modern yang berada di Pulau Bangka saja, hal itu terjadi karena semakin mewabahnya Virus Corona atau Covid 19 dan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Namun demikian, Dinas Perindag siap menampung pengaduan konsumen dari masyarakat Babel dengan menghubungi di nomor 08117109666 atau bisa langsung datang ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Komplek Perkantoran Gubernur Babel dekat Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Layanan Terpadu Babel.

“Tahun ini pelaksanaannya di 20 titik di kabupaten dan kota di pulau Bangka saja, karena mewabahnya Covid 19. Mudah-mudahan segera berlalu, sehingga kami kembali bisa melaksanakanya se- Babel,” tuturnya. (BBR)


Penulis : Mislam (CJ)

Editor   : Kamir