Ditanya Makanan Halal, Istri Gubernur Babel Nyatakan Produk Beredar di Babel Wajib Sertifikasi Halal

kasmirudin
Ditanya Makanan Halal, Istri Gubernur Babel Nyatakan Produk Beredar di Babel Wajib Sertifikasi Halal
Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mengunjungi Penjualan Sembako murah yang dilaksanakan pada Bazar Murah Ramadhan dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke XXV Tahun 2018, di halaman kantor Perwakilan BKKBN Babel, Senin (4/6/2018). (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW -- Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mengapresiasi kegiatan penjualan sembako murah yang dilaksanakan pada Bazar Murah Ramadhan dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke XXV Tahun 2018, di halaman kantor Perwakilan BKKBN Babel, Senin (4/6/2018).

Istri Gubernur Babel Erzaldi Rosman ini berharap Kegiatan tersebut menjadi stimulan bagi pelaku UMKM lainnya.

Sementara berkaitan dengan label halal, Melati menjelaskan bahwa pada tahun 2019 seluruh produk yang beredar di Babel wajib mutlak hukumnya memiliki label halal yang dikeluarkan MUI. Saat ini, Pemerintah telah memberikan subsidi kepada para pelaku UMKM dalam pengurusan sertifikat label halal ini, untuk mendorong seluruh pelaku UMKM yang ada di Bangka Belitung mengurus sertifikat halalnya untuk semua produk.

Melati juga mengingatkan untuk peningkatan kualitas produk yang salah satunya adalah jenis kemasan, untuk berkolaborasi dengan Dekranasda Bangka Belitung. Hal ini yang merupakan sinergitas antar lembaga.

Selain melepaskan balon udara sebagai tanda dimulainya bazar, Ketua TP PKK Babel Melati juga berkesempatan meninjau seluruh stand batal, bahkan dirinya membeli beberapa produk yang ditawarkan.

Pada kesempatan sama, Kepala Perwakilan BKKBN Bangka Belitung, Etna Estelita dalam laporannya menyampaikan BKKBN dalam memperingati Hari Keluarga Nasional ke XXV Tahun 2018 telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, dan salah satu rangkaian kegiatan itu, bertujuan untuk membantu pemenuhan kebutuhan lebaran bagi karyawan di lingkungan perkantoran serta masyarakat sekitar, yaitu dengan kegiatan Bazar Murah Ramadhan ini.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi bagi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan kelompok binaan instansi lainnya.

Dijelaskannya, saat ini BKKBN memiliki 222 UPPKS Binaan di Bangka Belitung, dari berbagai macam produk baik makanan, minuman maupun kerajinan, yang produksinya telah dipasarkan di Bangka Belitung, di luar Babel dan luar negeri. Bahkan dari beberapa UPPKS itu memiliki omset ratusan juta rupiah.

Dirinya berharap kepada seluruh produksi dari UPPKS Bangka Belitung memiliki sertifikat label halal. Dan untuk hal ini menurutnya, harus ada penandatanganan kerja sama antara Pemprov Babel, MUI dan BKKBN.

Ia juga menyatakan dalan mengembangkan UPPKS ini, perlu adanya Pendampingan dari berbagai pihak yang salah satunya adalah untuk peningkatan kualitas Produk. Oleh sebab itu, pada bazar Murah Ramadhan ini, BKKBN menggandeng Dinas Pertanian, Disperindag Babel, TP PKK Babel dan Instansi lainnya. (BBR)


Penulis : Kusuma
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview