Dokter Bahrun : Musim Penghujan Percepat Penyebaran Virus, Tapi...

kasmirudin
Dokter Bahrun : Musim Penghujan Percepat Penyebaran Virus, Tapi...
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), dr. Bahrun Siregar. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), dr. Bahrun Siregar mengatakan, karakter Virus Covid-19 lebih mudah bertahan hidup di saat musim penghujan saat ini.

"Memasuki musim penghujan, suhu udara cenderung rendah sehingga memperbesar pertumbuhan hidup Virus Corona," ujarnya kepada Babel Review, Rabu (29/4/2020).

Ia menjelaskan, suhu rendah dibawah 27 derajat calcius merupakan suhu hidup kuman dan bakteri ,sehingga sangat mudah bertahan hidup.

"Covid-19, virus influenza atau penyakit pernapasan lainnya dapat menyebar dengan mudah di musim dingin atau suhu rendah. Namun percepatan penyebaran tidak hanya sekedar ditentukan oleh suhu melainkan kontak fisik juga bisa menjadi penyebab penularan," terangnya.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Bateng tersebut menuturkan, suhu bukan satu-satunya parameter, namun bisa juga karena kontak fisik atau manusia yang berkumpul di dalam ruangan tertutup.

"Oleh sebab kita perlu benar-benar menuruti imbauan pemerintah, dengan tetap menerapkan social dan phisical distancing, jaga jarak, selalu menggunakan masker serta menjalankan gerakan masyarakat hidup sehat (germas)," pungkas dr. Bahrun. (BBR)


Penulis ; Faisal

Editor   : Kasmir