Dokter Then Targetkan Tahun 2020, Bangka Menjadi Kabupaten ODF

kasmirudin
Dokter Then Targetkan Tahun 2020, Bangka Menjadi Kabupaten ODF
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti. (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 yang digelar di halaman Kantor Pemkab Bangka, digelar pembacaan deklarasi oleh 11 desa sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan, Selasa (12/11/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti mengatakan, bahwa deklarasi ini belum dilakukan untuk semua desa yang ada di Kabupaten Bangka. Baru dilakukan di 11 desa di Kecamatan Pemali.

"Kalau untuk di tingkat kecamatan baru 2 saja yang sudah bebas ODF, tahun lalu di Kecamatan Merawang dan tahun ini untuk Kecamatan Pemali. Kita targetkan di tahun 2020 sudah sudah selesai dan menjadi kabupaten stop buang air besar sembarangan," tegasnya.

Menurutnya, deklarasi itu dilakukan merupakan suatu komitmen bahwa masyarakat tidak melakukan buang air besar secara sembarangan. Tetapi, pihaknya masih mengkhawatirkan masyarakat kembali ke kebiasaan lama dengan membuang air besar sembarangan.

"Dinas Kesehatan juga mengajak kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama, untuk ikut mendorong supaya program ini dapat berjalan dengan baik. Karena masih ada masyarakat yang berpikir kalau ada WC didalam rumah itu jorok dan kotor. Itu pola pikir yang harus kita ubah," terangnya.

Ia katakana, jika untuk masyarakat yang tinggal di daerah pesisir sebaiknya dibuatkan WC umum, karena tempat tinggalnya hanya berbentuk pondok.

"Tahun ini kita akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan, dan untuk kualitas SDM akan dilakukan peningkatan melalui pelatihan, penyegaran dan magang supaya lebih terampil. Sedangkan untuk pegawai biasanya dilakukan seleksi mana yang bagus baru direkrut," tutup dr. Then. (BBR)


Penulis  : Ibnu                                                    
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review