Dongkrak Peringkat Nasional Versi UI Greenmetric, UBB Bentuk Tim Khusus

Irwan
Dongkrak Peringkat Nasional Versi UI Greenmetric, UBB Bentuk Tim Khusus
Tim khusus UBB sedang mengisi ‘borang’ (formulir isian) UI Greenmetric 2021. UBB sengaja membentuk tim khusus untuk memperbaiki peringkat UBB pada kontestasi lingkungan berkelanjutan (UI Greenmetric).

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- UI Greenmetric mengumumkan  Universitas Bangka Belitung (UBB) menempati peringkat 44 perguruan tinggi di Indonesia dan 556 dunia pada tahun 2020. Akan tetapi pada tahun 2021, UBB bertekad untuk memperbaiki peringkatnya pada kontestasi berskala internasional tersebut.

UI Greenmetric yang digelar sejak 2010 itu merupakan lembaga pemeringkat resmi di bidang lingkungan yang berkelanjutan. Pada 2020 UI Greenmetric  diikuti 912 perguruan tinggi yang tersebar di 100 negara, 92 diantaranya adalah perguruan tinggi di Indonesia.

Ketua Greenmetric UBB Ghiri Basuki mengemukakan tekad UBB  untuk memperbaiki peringkat pada UI Greenmetric diwujudkan dengan membentuk tim khusus.

Tim ini bertugas mengumpulkan data lingkungan UBB, dan kemudian mengisi borang (daftar isian) yang disediakan  oleh pihak UI Greenmetric.

“Tim khusus terdiri dari para dosen dan staf UBB itu sudah bekerja maksimal. Tanggal 7 Nopember kemarin borang yang berisi enam indikator lingkungan berkelanjutan di UBB sudah kami kirim ke website UI Greenmetric,” ujar Ghiri Basuki, Selasa (09/11/2021) pagi.

Dikemukakan Ghiri, UI Greenmetric memiliki enam indikator, di antaranya  infrastruktur, energi,  water (air), pengelolaan limbah (waste), transportasi, dan pendidikan. 

Indikator infrastruktur mendeskripsikan bagaimana kampus harus memiliki konsep kampus hijau dan juga harus mempunyai rencana yang berkelanjutan.

Mulai dari bangunan hingga  lingkungan harus memiliki konsep hijau. Sedangkan indikator energi dan iklim (climate) menggambarkan perguruan tinggi menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Selanjutnya indikator penggunaan dan pengelolaan air adalah bagaimana pengelolaan sumber daya air di perguruan tinggi lebih bermanfaat dan hemat.