Dorong Pemanfaatan Lahan, Forum P3KD Harap Pemda Buat Perda Tanah Terlantar

Irwan
Dorong Pemanfaatan Lahan, Forum P3KD Harap Pemda Buat Perda Tanah Terlantar
Ketua Forum P3KD Bangka Gustari

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – Melihat banyaknya lahan telantar, Forum Pemerhati Pertambangan Perkebunan dan Kehutanan Daerah (P3KD) Bangka mendorong pemerintah daerah untuk membuat peraturan daerah (Perda) tanah telantar yang bisa dimanfaatkan dalam sektor pertanian dan perkebunan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum P3KD Bangka Gustari saat ditemui di kediamannya, Sungailiat, Kamis (19/11/2020).

Pasalnya saat ini banyak lahan yang dibiarkan dan terkesan terlihat tidak terurus serta kepemilikan lahan tidak sesuai dengan aturan, sehingga hal ini menjadi sorotan oleh Forum P3KD Bangka.

Menurut Gustari, di masa pademi Covid-19 masyarakat membutuhkan lahan untuk dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, baik secara perorangan maupun kelompok.

"Lahan yang dinilai tidak produktif ini dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal dan produktif oleh masyarakat, baik untuk perkebunan atau pertanian. Seperti penanaman tanaman pangan sehingga lahan yang tidak produktif tersebut memiliki nilai ekonomi,” ujar Gustari.

“Namun sebelumnya Pemda harus buat perda terlebih dahulu sesuai acuan dari UU 1945 pasal 33, UUPA nomor 5/1960 tentang Dasar Pokok-pokok Agraria Pasal 27, 34 dan 40," katanya.

Selain itu juga harus mengacu pada UU Nomor 4/1996 Tentang Hak Tanggung Pasal 4 ayat 1 dan 2, PP Nomor 11/2010 Tentang Penertiban dan Pemberdayaan Tanah Terlantar Pasal 9 ayat 3, P Nomor 41/1964 Tentang Pembagian Tanah dan Pemberian Ganti Rugi Pasal 3a.

  • Halaman
  • 1
  • 2