Dosen dan Mahasiswa FE UBB Rancang Aplikasi Pencatatan Data Penduduk

Irwan
Dosen dan Mahasiswa FE UBB Rancang Aplikasi Pencatatan Data Penduduk

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar program kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (29/11/2021). 

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB) Herdiyanti, S.Sos., M.Si mengatakan, dalam gelaran kegiatan tersebut pihaknya mengambil kegiatan project independent dalam membuat aplikasi pencatatan data penduduk berbasis excel.

"Aplikasi ini kami implememtasikan bertujuan untuk mempermudah dalam proses input, searching dan edit terkait data penduduk agar pekerjaan lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini cocok digunakan di perangkat Desa yang mengalami kondisi internet yang kurang memadai," ujarnya.

Lebih lanjut, Herdiyanti menjelaskan dengan adanya Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru, melalui beberapa kegiatan pembelajaran di antaranya pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, riset, proyek independen, kegiatan wirausaha, proyek kemanusiaan, asistensi mengajar di satuan pendidikan, dan proyek di Desa/kuliah kerja nyata tematik. 

Sementara, Tri Satria Agung Prakoso, Ketua proyek Independen Fakultas Ekonomi UBB menambahkan, pihaknya sejak

13 November 2021 yang lalu, telah melakukan sosialisasi dan mempresentasikan ke perangkat Desa Kace Timur mengenai aplikasi yang telah dibuat pihaknya.

"Berdasarkan hasil dari kegiatan kami, mendapatkan respon positif oleh Kepala Desa Kace Timur. Kemudian program lanjutan kami yaitu adalah, membuat aplikasi ini yang awalnya masih bekerja secara manual berkembang menjadi web dan bisa di akses oleh siapa saja," ugkapnya. 

Diketahui secara bersama, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Bangka Belitung, di ikuti sejumlah Mahasiswa Semester VII Fakultas Ekonomi yang saat ini sedang menempuh Kegiatan Kerja Kuliah Nyata. (BBR)


Laporan: Aqbal

Editor: Irwan