DPRD Babel Minta Dinas Pendidikan Kaji Ulang Rencana Aktivtas KBM di Sekolah Awal Juni

kasmirudin
DPRD Babel Minta Dinas Pendidikan Kaji Ulang Rencana Aktivtas KBM di Sekolah Awal Juni
Rapat Banmus DPRD yang membahas rencana kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan Dinas Pendidikan Babel di tengah pandemi corona, Jum'at (29/5/2020). (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Rencana Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk memulai aktivitas belajar mengajar di sejumlah sekolah pada awal Juni mendatang khususnya tingkat SMA/SMK dan MA di masa pandemi Corona, ditentang DPRD Babel.

Keputusan tersebut dianggap cukup beresiko, karena hingga saat ini pandemi Corona belum berakhir. Sehingga bisa membahayakan guru dan murid.

"Kondisi penanganan Covid-19 sampai saat ini belum ada kepastian, dikhawatirkan jika kita paksakan ini akan menjadi klaster baru dalam penyebaran virus Corona," kata Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya kepada wartawan usai Rapat Banmus, Jum'at (29/5/2020).

Didit mengatakan, Dinas Pendidikan perlu mempertimbangkan dampak psikologis yang ditimbulkan kepada murid jika aktivitas belajar mengajar terus dipaksakan di tengah kondisi pandemi. Apalagi  tidak ada jaminan kalau para murid dan guru aman tidak tertular Covid-19 ini .

"Andaikata tiba-tiba mereka (para murid-red) dikategorikan positif Covid-19, ini kan harus dikarantina," ujarnya.

Oleh karena itu, ditegaskan Didit, dalam mengambil kebijakan ini, harus ada surat resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

"Jadi jika nanti ada yang terpapar virus corona, jangan sampai Pak Soleh (Kepala Dinas Pendidikan Babel-red) nanti pula yang disalahkan. Intinya kita memberi ruang kepada teman-teman eksekutif untuk peraturan ini, tetapi yang perlu dipertimbangkan, aspek keamanannya itu atau potensi penyebaran virus itu," terangnya.

Sementara anggota DPRD Babel, Bong Ming Ming meminta Dinas Pendidikan untuk mencari formula baru belajar dirumah tanpa mengenyampingkan kualitas.

"Kami bukan tidak menghargai kawan-kawan di Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Babel, tetapi kita perlu formula baru belajar di rumah tapi tetap berkualitas. Hal ini penting, karena belum ada yang bisa memastikan kapan kita bebas dari Covid-19," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir