DPRD Bangka Gelar Paripurna Penandatanganan Dua Nota Kesepakatan

Admin
DPRD Bangka Gelar Paripurna Penandatanganan Dua Nota Kesepakatan


SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - DPRD Kabupaten Bangka gelar sidang paripurna penandatangan nota kesepakatan rencana perubahan RPJMD Kabupaten Bangka tahun 2019 - 2023 dan penandatanganan nota kesepakatan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Bangka tahun anggaran 2021 di rumah rapat paripurna Gedung DPRD Kabupaten Bangka, Jum'at (30/10/2020)

Ketua DPRD Bangka, Iskandar Sip saat memimpin rapat paripurna menyampaikan ini dilaksanakan sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 dan terbitnya nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Yang mana menyatakan RPJMD yang sudah ditetapkan sebelumnya Permendagri nomor 90 tahun 2019 dilakukan penyesuaian secara bertahap mulia tahun 2020. Mempedomi peraturan tersebut, maka peraturan daerah Kabupaten Bangka nomor 9 tahun 2018 tentang RPJMD tahun 2019 - 2023 perlu dilakukan perubahan.

"Maka dengan demikian atas peraturan tersebut hari ini disepakati rancangan awal perubahan RPJMD tahun 2091  - 2023. Dengan telah disepakatinya perubahan ini maka selanjutnya akan menjadi dasar dalam penyusunan peraturan daerah tentang perubahan RPJMD tahun 2019-2023," ujarnya.

Kemudian pihaknya berharap hal ini dapat segera ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk melaksanakan berbagai asumsi kebijakan tersebut, tentu diperlukan fasilitas anggaran melalui APBD.

"Untuk itu maka kapasitas APBD harus selalu ditingkatkan yaitu dengan meningkatkan penerimaan PAD baik dari sektor pajak daerah, restribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan maupun PAD lainnya yang sah," tutur Iskandar.

Adapun yang menjadi pokok pembahasan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Bangka tahun anggaran 2021 dapat dilihat dari proyeksi pendapatan belanja dan pembiayaan yang telah disepakati bersama.

"Setelah dilakukannya penandatanganan nota kesepakatan ini, kami berharap besar untuk dapat segera ditindaklanjuti agar pelaksanaan program kegiatan yang telah direncanakan dapat terealisasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," pungkasnya.