DPRD Basel Dukung Gubernur Erzaldi Minta Saham PT Timah 10 Persen

Irwan
DPRD Basel Dukung Gubernur Erzaldi Minta Saham PT Timah 10 Persen

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Komisi III DPRD Basel mendukung kebijakan Gubernur Erzaldi Rosman dan tokoh Babel yang meminta kepada pemerintah pusat untuk memiliki saham PT Timah Tbk sebesar 10% yang diambil dari porsi pemerintahan pusat bukan dari publik.

Hal ini sampaikan oleh Samsir, menurutnya sampai saat ini  saham PT Timah dan 55% dimiliki pemerintah pusat dan sisanya dimiliki publik 35%.

"Melihat data ini tentunya sangat tidak sebanding dengan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan. Akibat pertambangan serta mengerus sebagian lahan pertanian dan berkebunan berkelanjutan yang menyebabkan masyarakat tidak memiliki area lahan untuk berusaha serta akhirnya ikut menambang juga yang tanpa menghiraukan kerusakan lingkungan.

"Komisi III DPRD Bangka Selatan mengharapkan keterbukaan dan transparansi dari PT Timah Tbk dan Dinas ESDM Provinsi Babel untuk memberikan data yang berkenaan dengan produksi perusahaan tambang di wilayah Bangka Selatan," katanya.

Diakuinya, misalnya data jumlah IUP dan Luas IUP yang ada di Basel baik PT Timah, mitra kerja dan swasta, data IUP yang berproduksi maupun tidak berproduksi.

Jumlah royalti dan Landrent setiap tahun, data tentang dana reklamasi untuk Bangka Selatan dan dimana saja yg sudah dilakukan reklamasi, serta data CSR yang sudah diberikan ke Pemekab Bangka Selatan setiap Tahunnya," katanya.

Karena, sambungnya selama ini kita hanya tahu alokasi dana yang dialokasi dalam bentuk dana perimbangan dalam Dana Bagi Hasil Bukan Pajak (BPHBP) yang bergabung dengan DBHBP lainnya.

"Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan kita akan jadwalkan konsultasi ke kementrian ESDM dan Kementerian Keuangan untuk mempertanyakan dan mencari data tersebut. Karena data sangat penting dan perlu transparansi dan keterbukaan," katanya.

Untuk diketahui Kondisi saat ini saham PT Timah dikuasai 65 % oleh pemerintah pusat dalam hal ini Inalum, 35% oleh publik, dan Pemprov Babel sekarang hanya mendapat 3% dari royalti nya bukan dari bagian saham karena pemprov belum punya saham di PT Timah.

Gubernur Babel Erzaldi dan tokoh masyarakat sekarang. Meminta bagian saham dari yang ada di pemerintah pusat (65%) sebanyak 10%.

Karena selama ini babel hanya mendapat 3% dari royalti bukan dari saham karena belum memiliki saham di PT Timah. (BBR)

Laporan: Andre

Editor: Irwan