DPRD Sampaikan Rekomendasi LKPJ 2019 Ke Eksekutif

diko subadya
DPRD Sampaikan Rekomendasi LKPJ 2019 Ke Eksekutif
Foto Ist

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat paripurna guna menyampaikan berbagai rekomendasi mengenai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2019 kepada pihak eksekutif, pada kamis (30/4), Pagi.

Salah satu rekomendasi yang disampaikan yakni mengenai kinerja Berkah Mart yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dinilai tak sesuai ekspektasi.

Sekretaris DPRD Babel, Syaifuddin pada kesempatan tersebut menyampaikan beberapa poin yang harus menjadi perhatian pemerintah provinsi apalagi mengingat kontribusi berkah mart yang belum terlihat bagi masyarakat pedesaan.

"Poin A, Ditemukan dalam Juknis Berkah Mart, BUMDes Belum memperoleh kebebasan untuk mengelola Berkah Mart," kata Syaifuddin saat menyampaikan laporan hasil rekomendasi LKPJ TA 2019 di ruang paripurna DPRD Babel.

Selanjutnya point B, Sekwan menyampaikan, keberadaan Berkah Mart di desa belum mampu mensuplai konsumsi kebutuhan pokok masyarakat di desa karena pembesaran dan pendistribusian barang yang dilakukan olelh BUMD tidak sesuai dengan kebutuhan atau keinginan dari pihak Berkah Mart.

kemudian Poin C, berkaitan dengan bantuan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mendirikan Berkah Mart sebesar 100 juta per BUMDes pada anggaran tahun 2018 dan 2019, DPRD berpendapat bahwa program tersebut dapat segera di evaluasi.

" berdasarkan hasil peninjauan terhadap kinerja Berkah Mart, DPRD menilai tidak sesuai dengan rencana dan kesepakatan awal antara BUMD dan BUMDes," ujarnya.

Rapat paripurna ditengah pandemi tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya, didampingi dua wakilnya, Hendra Apollo dan M. Amin, serta dihadiri oleh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah dan tamu undangan lainnya. (BBR) 


Laporan Diko Subadya