Dua Calon Meninggal Dunia, Peserta Caleg Kabupaten Bangka Mengalami Perubahan

kasmirudin
Dua Calon Meninggal Dunia, Peserta Caleg Kabupaten Bangka Mengalami Perubahan
KPU Kabupaten Bangka menggelar konferensi pers, mengenai persiapan Pemilu 2019, Senin (21/1/2019). (foto:Ibnu)

SUNGAILIAT BABELREVIEW-- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka menggelar Konferensi Pers terkait penyelenggaraan Pemilu 2019, di Kantor KPU Bangka. Senin ( 21/01/2019 )

Acara tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Bangka  dari Divisi Hukum dan Pengawasan Arsyil Aziz, Divisi Teknis Penyelenggaraan Iman Supiar, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Hartati.

Arsyil Aziz mengemukakan, ada kegiatan pada tanggal 2 Januari 2019 dimulai dari pukul 08:00 WIB hingga 18:00 WIB itu yaitu melakukan penerimaan laporan dana kampanye dari masing-masing partai politik. Dari hasil rekapitulasi tersebut dari 16 partai politik peserta pemilu ada 2 partai politik yang tidak menyampaikan, yakni dari partai politik PSI dan Garuda.

"Adapun pasangan Capres dan Cawapres no urut 01 yang tidak melaporkan. Mengenai hal tersebut, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tentang Pemilu dan PKPU 24, 38 dan 34  bagi yang tidak melaporkan dana kampanye tidak ada sanksi," terangnya.

Untuk kegiatan selanjutnya, pada bulan Februari nanti akan diadakan konsolidasi tingkat nasional dalam rangka persiapan Pemilu.

Menurut Divisi Teknis Penyelenggaraan Iman Supiar, untuk saat ini calon anggota DPRD Kabupaten Bangka di empat dapil ada sedikit perubahan setelah dilakukan penetapan pada tanggal 20 Desember 2018 yang berjumlah 461. Tapi per hari ini ada perubahan, karena ada 2 orang yang meninggal dunia yang pertama dari PKS dapil 1 dan dari Golkar dapil 3, jadi hari ini menjadi 459.  

"Untuk saat ini logistik ada pergeseran, kemarin semua ditampung di gudang KPU Kabupaten Bangka. Dikarenakan kapasitas tempat jadi kami mengajukan ke Pemda Kabupaten Bangka untuk menggunakan gedung Diklat Kabupaten Bangka. Jadi nanti beberapa untuk pengesetan dan perakitan logistik kita lakukan di gedung Diklat," tukasnya.

Iman mengatakan, KPU sudah mempersiapkan gedung Diklat sedemikian rupa. Jadi gedung Diklat diperlakukan seperti gedung di KPU Bangka. Untuk kotak suaranya dibuatkan palet dan untuk pengamanan kita sudah koordinasi dengan Polres Bangka, dan kita juga menyediakan start untuk pengamanan internal.

"Mulai hari ini kita lakukan pergeseran logistik dari gedung KPU Kabupaten Bangka ke gedung Diklat Pemkab Bangka. Kegiatan ini sudah kita lakukan koordinasi dengan KPU Provinsi, Polres Bangka dan Bawaslu. Semua ini kita lakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti kapasitas gudang di kantor KPU Kabupaten Bangka dan keamanan barang tersebut," jelas Iman.

Dalam acara tersebut, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Hartati menyampaikan pada tanggal 17 Januari kemarin telah melakukan Bimtek ke 55 relasi dari pelamar 105 orang. Dan 55 orang ini tersebar di Kabupaten Bangka di 5 Kecamatan, yang nantinya mereka akan melakukan sosialisasi sesuai dengan basisnya masing-masing. Basis basis tersebut dibagi menjadi basis pemula, pemilih muda, keluarga, perempuan, kaum marjinal, kaum disabilitas, keagamaan, dan netizen.

"Jadi mereka di bulan Januari ini, akan fokus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar turut serta dalam pemilihan di Pemilu 2019. Dengan kegiatan ini kita mengupayakan agar ada peningkatan partisipasi jumlah pemilih dalam pemilihan umum tahun ini," ungkapnya.

Hartati menjelaskan, akan tetap berkoordinasi dan memonitoring relasi ini dalam melakukan kegiatannya. Terkait dengan kegiatan kampanye dan pemasangan APK, hal tersebut sudah dimulai dari tanggal 23 September 2018 kemarin.

"Kami akan melakukan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder seperti, Bupati, Pengadilan, Kejaksaan, Kepolisian, Kesbangpol, Satpol PP dan Bawaslu mengenai rapat jadwal pelaksanaan rapat umum, kemudian akan kita lanjutkan berkoordinasi dengan parpol-parpol," tutur Hartati.

Karena rapat kampanye ini akan dimulai tanggal 24 Maret nanti, maka harus ada persiapan dari tingkat Kabupaten ataupun Provinsi.

"Untuk rapat koordinasi ini akan kita laksanakan besok di Hotel ST 12 pukul 09:30 WIB," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu        
Editor    : Kasmir
Sumber : Babelreview