Dua Kali Wisuda Ditunda, Mahasiswi S2 IAIN SAS Babel Ini Diwisuda Suami Sendiri

Ahada
Dua Kali Wisuda Ditunda, Mahasiswi S2 IAIN SAS Babel Ini Diwisuda Suami Sendiri
IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mewisuda sebanyak 408 Wisudawan/i, Selasa (22/9/2020). (Ist)

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Setelah sempat tertunda dua kali, akhirnya IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mewisuda sebanyak 408 Wisudawan/i, Selasa (22/9/2020).

Para wisudawan/i ini terdiri dari 65 orang pascasarjana, 88 orang dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, 29 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta 226 dari Fakultas Tarbiyah.

Wisuda dilaksanakan di kampus dengan system drive thru, dimana seluruh wisudawan tidak berada digedung, namun menggunakan kendaraan mualai dari roda empat, roda dua bahkan ada yang menggunakan angkot.

Wisuda yang digelar pada masa pandemic ini semakin unik karena dilakukan dua sessi yaitu dalam ruangan sebagai kegiatan pembuka dan resmi akademik, selanjutnya di luar ruangan yaitu di depan pintu masuk Gedung Terpadu Rektorat IAIN SAS Babel, di Desa Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka.

Yang menjadi unik, hari ini adalah salahsatu Wisudawan dari Pascasarjana atasnama Maria Susanti MPd diwisuda oleh suaminya sendiri yang menjabat Direktur Pascasarjana IAIN SAS Babel, yakni Dr Iskandar MHum.

Dalam prosesi wisuda dengan langkah yang haru biru itu, sang istri melangkahkan kakinya menuju podium dan disambut Rektor untuk memindahkan kuncir dan dilanjutkan dengan suaminya Dr H Iskandar MHum menyerahkan ijazah.

"Saya terharu, qadarullah, tertunda wisuda dua kali, dan malah suami saya menjabat jadi Direktur Pascasarjana, maka otomatis saya diwisuda suami sendiri. Ini jadi kado terindah yang tak terlupakan oleh saya, karena anak bungsu saya saat wisuda TPA juga oleh Ayahnya sendiri memindahkan kuncir. Jadi saya dan anak jadi terharu atas wisuda hari ini. Apalagi dengan drive thru semuanya bisa dekat walaupun hanya dikendaraan. Terimakasih Ya Allah atas limpahan kesempatan hari ini, terimakasih semuanya," ujar Maria Susanti, Selasa (22/9/2020) malam.

Menanggapi hal ini, Direktur Pascasarjana IAIN SAS Babel Dr H Iskandar MHum menjelaskan bahwa wisuda  kali ini harus memenuhi protocol Covid 19.

"Semua harus memahami kondisi ini. Dan kebetulan saya hari ini mewisuda pascasarjana termasuk isteri saya. Alhamdulillah ini sebuah takdir Allah, dan tidak semua orang bisa dalam kondisi suami mewisuda istri untuk jenjang pascasarjana. Namun kalau pada strata satu sudah sering terjadi diluar daerah kita," ujar Iskandar sembari tersenyum. (*/BBR)
Editor: @hada