Dua Sahabat Tuna Rungu Ini Pengen Keliling Indonesia, Kuswanto Sudah Mulai 2004

Ahada
Dua Sahabat Tuna Rungu Ini Pengen Keliling Indonesia, Kuswanto Sudah Mulai 2004
Kurniawan (kiri) dan Kuswanto (kanan) saat berkunjung ke Kantor Redaksi Babel Review Group, Jumat (18/9/2020). (jocel/babelreview)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Memiliki keterbatasan dalam berbicara, tidak menjadi halangan bagi Kuswanto dan Kurniawan.

Meski menyandang disabilitas tuna rungu, Kuswanto maupun Kurniawan tetap semangat menjalani lehidupan sosial masing-masing.

Setidaknya sudah 16 tahun ini, Kuswanto berkeliling Indonesia. Mengusung slogan Tuna Rungu Sahabat Dunia, Kuswanto memantapkan diri untuk bersilahturrahmi dan berlkunjung ke daerah-daerah di wilayah Indonesia.

Tujuannya tidak lain, selain untuk lebih mengenal beragam kehidupan sosial masyarakat berbagai daerah di Nusantara ini, Ia juga ingin menunjukan bahwa keterbatasan fisik maupun non fisik tidak boleh menjadi halangan dalam beraktifitas.

Tidak jauh berbeda dengan Kuswanto, salah satu sahabatnya bernama Kurniawan yang tergabung dalam komunitas keluarga penyandang tuna rungu, juga senang berkeling daerah di Indonesia.

Jika Kuswanto sudah mulai berkeliling Nusantara sejak tahun 2004 lalu, sementara itu Kurniawan baru memulainya sejak tahun 2009.

Berbagai daerah sudah disinggahi oleh dua sahabat berlainan tempat asal ini. Diantara daerah yang pernah meraka kunjungi adalah Kupang, Sumbawa, Lombok, Bali, Lampung, Banten dan hampir seluruh daerah di Puau Jawa.

Sejak bulan Februari 2020 lalu kedua sahabat ini berada di Pulau Bangka. Mereka sudah banyak mengunjungi daerah di Pulau Bangka ini. Dan mereka juga mengunjungi berbagai lembaga, instansi dan perkantoran.

"Kami senang jalan-jalan dan bertemu orang di berbagai daerah. Setiap bertemu, kami selalu mendoakan mereka selalu sehat, dan kamipun minta doa agar selalu sehat juga," ujar Kurniawan, yang dituliskan dalam selembar kertas.

Komunikasi babelreview dengan kedua sahabat tuna rungu ini melalui tulisan. Pertanyaan yang ingin disampaikan ditulis di atas kertas, lalu dijawan oleh Kurniawan juga dalam tulisan.

Usia Kuswanto tahun ini adalah 44 tahun. Ia sudah beristri dan memiliki 3 anak lahir normal. Saat ini keluarga Kuswanto tinggal di Palembang Sumatera Selatan.

Sementara itu Kurniawan berusia 33 tahun. Ia juga sudah berkeluarga dan memiliki dua buah hati yang saat ini tinggal di Bogor Jawa Barat.

"Anak pertama saya kondisinya juga mengalami cacat. Kini usianya 7 tahun. Sedangkan anak kedua Alhamdulillah normal," kata Kurniawan.

Jika tidak ada aral melintang, Kuswanto mengaku dirinya bersama Kurniawan akan menyeberang ke Pulau Belitung pada Minggu (20/9/2020). Mereka berdua akan berangkat menggunakan Kapal Cepat Ekspres Bahari.

Di tengah pandemi covid-19 ini, baik Kuswanto maupun Kurniawan mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kuswanto mengakui, setiap bertemu dengan orang dan setiap berkunjung kepada siapapun, Ia selalu mengajak untuk patuh pada protokol kesehatan.

"Kita harus disiplin menjaga diri masing-masing. Karena kita tidak tahu siapa yang telah terpapar corrona ini. Dengan pakai masker, kita sudah melindungi diri sendiri dan orang lain," ujar Kuswanto.

Di tengah kondisi yang belum baik ini, Kurniawan menyatakan bahwa setelah selesai nanti mengelilingi Pulau Belitung, mereka akan melanjutkan perjanalan ke Jambi, Riau, Padang dan Kalimantan.

"Setelah itu kita juga akan terus melanjutkan perjalanan hingga semua daerah di Indonesia bisa kami datangi. Kalau untuk ke luar negeri belum ada rencana," tukas Kurniawan.

Pada kesempatan bertemu dengan babelreview, baik Kuswanto maupun Kurniawan mengajak seluruh masyarakat untuk menjalani hidup sehat dan menyehatkan.

"Kita harus kuat dan sehat," tukas Kuswanto. (BBR)
Laporan; @hada