Dua Warga Bangladesh di Belitung Dinyatakan Positif Covid-19

kasmirudin
Dua Warga Bangladesh di Belitung Dinyatakan Positif Covid-19
ilustrasi.

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung kembali mengumumkan adanya tambahan 3 pasien positif Covid-19, yang saat ini tengah dalam masa perawatan.

Hal ini disampaikan dalam rilis yang diterima Gugus Tugas Covid-19 Babel, Jum'at (22/5) malam. 

Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 ini yakni pasien 921 pasien ke-6, pasien 923 pasien ke-7 dan 931 pasien ke-8 di Pulau Belitung.

"Saat ini ketiga pasien Covid-19 positif tersebut sudah diisolasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono Belitung, untuk menjalani perawatan sampai sembuh. Kondisi ketiga pasien tersebut dalam keadaan sehat tanpa menunjukkan gejala klinis terkait Covid-19,"  tulis Direktur RSUD dr. H. Marsidi Judono dr. Hendra dalam rilisnya.

Sebanarnya, pada hari itu juga, Kabupaten Belitung hampir saja ditetapkan kembali menjadi Zona hijau. Karena sekira pukul 16.00 WIB pasien ke-5 yang dirawat di RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung, yaitu pasien 750 dan hasil uji swab PCR pasien 926 dengan hasil negatif. Sehingga harapan dan keinginan untuk merayakan Idulfitri 1441 H dalam suasana Belitung Hijau sebentar lagi akan terwujud.

Namun sayangnya, harapan itu sirna hanya berselang 15 menit dari pengumuman GTPPC Pusat.  Pukul 16.15 setelah melakukan pemeriksaan selama 2 jam, Laboratorium Biomedis Real Time PCR dengan alat TCM yang dimiliki oleh RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung yang mulai dioperasionalkan hari ini telah mengeluarkan hasil uji PCR terhadap 8 spesimen swab tenggorokan milik 4 orang pasien ODP dengan hasil sebagai berikut:

  1. Pasien 0921, jenis kelamin laki-laki, warga Bangladesh insial DA dinyatakan positif.
  2. Pasien 0923, jenis kelamin laki-laki, warga Bangladesh inisial DP dinyatakan positif
  3. Pasien 0930, jenis kelamin perempuan inisial AM dinyatakan negatif.
  4. Pasien 0931, jenis kelamin laki-laki inisial MOR dinyatakan positif.

Dengan hasil tersebut, maka GTPPC Kabupaten Belitung RSUD dr. H. Marsidi Judono kembali menangani 3 pasien positif Covid-19.

Dalam rilis tersebut, tak lupa dr. Hendra berpesan kepada seluruh masyarakat yang merasa pernah kontak erat, pernah berada dalam satu ruangan, pernah berada dalam satu mode transportasi terhadap ketiga pasien Covid-19 tersebut, harap segera melaporkan dan memeriksakan diri di Posko Covid-19 Dinas Kesehatan terdekat atau pusat deteksi Covid-19 RSUD dr. H.Marsidi Judono Kabupaten Belitung ,untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan sesuai protap yang berlaku untuk mencegah penyebaran kasus lebih luas. 

 "Kami GTPPC Kabupaten Belitung mengimbau kepada seluruh warga Belitung dan sekitarnya, untuk kembali mematuhi imbauan pemerintah dalam pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 dengan senantiasa melakukan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan, memakai masker, tidak berkumpul ditempat keramaian, selalu menjaga jarak (phisical distancing)," katanya.

"Sebentar lagi kita akan merayakan Idulfitri 1441 Hijriah, tetap bersilaturahmi dengan tidak melakukan kontak erat dan selalu menjaga jarak. Kami juga mengimbau tidak berpergian di tempat keramaian maupun tempat-tempat wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir