Dubes RI Untuk Senegal Sebut Ada Pengusaha Dari Mali Cari Lada, Mau Impor 20-40 Kontainer

Ahada
Dubes RI Untuk Senegal Sebut Ada Pengusaha Dari Mali Cari Lada, Mau Impor 20-40 Kontainer
H Duk memberikan bibit Lada ke Mansyur Pangeran Duta Besar RI, sebagai tanda mata untuk Dubes.

BANGKATENGAH, BABELREVIEW.CO.ID – Duta Besar (Dubes) dan Wakil Dubes RI untuk Senegal Afrika, bersama Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan Provinsi Babel, Toni Batu Bara mewakili Wakil Gubernur (Wagub) Babel, mengunjungi kebun lada H Duk di Desa Puput Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (3/1/2020).

Kedatangan Dubes RI dan rombongan disambut H Duk dan petani Lada Desa Puput. Kunjungan Dubes RI untuk Senegal beserta rombongan tersebut, bertujuan untuk melihat secara langsung pohon lada dan meminta penjelasan proses penanaman lada, kepada Petani Lada Babel.

Dubes RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran mengatakan tujuan kunjungannya ke Babel dalam rangka melihat potesi daerah yang ada di Babel, salah satunya produk lada.

Ia mengaku telah menemukan seorang pengusaha yang tertarik dengan lada. Oleh karena itu, dirinya selaku pejabat pemerintah menjembatani keinginan pengusaha tersebut dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

“Kami telah menemukan buyernya di daerah Mali Afrika Barat. Memang ada pengusaha dari Mali mencari produk lada, setelah kita tahu maka kita ke Babel untuk berkunjung. Mudah-mudahan pengusaha tersebut akan mengimpor lada Babel. Banyak sekali jumlahnya, antara 20 atau 40 kontener, itu juga komitmen antara pengusaha sini dengan pengusaha sana,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke kebun H Duk di Desa Puput, Bangka Tengah, H Duk memberikan bibit Lada ke Mansyur Pangeran Duta Besar RI, sebagai tanda mata untuk Dubes.Dubes RI merasa senang dapat benih bibit lada tersebut.

 “Kalau bisa, nanti saya akan bawa pulang (Bibit Lada), dan saya akan kasih koran basah agar tidak mati bibit ini,” katanya sambil tersenyum.

Mansyur Pangeran baru pertama kali melihat bibit lada Babel dan dirinya  merasa senang.  “Oh ini bibitnya, dan daunnya juga bagus ya,” ucapnya lagi.

Rencananya Bibit Lada tersebut akan di bawa pulang oleh Dubes RI untuk Senegal bersama rombongan.

Usai melakukan Kujungan ke kebun lada, Dubes dan romongan melakukan kunjungan ke pembuatan oleh-oleh Pewter Pangkalpinang dari timah, kemudian ke Cual Ishadi dan terakhir melakukan Penyerahan Pewter Timah Gambar Pulau Bangka Belitung dari Disperindag Babel. (BBR)