Dugaan Tipikor DAK TA 2019 Dinas Pendidikan Basel Masuk Babak Baru, Polres Layangkan Surat Pemeriksaan

Ahada
Dugaan Tipikor DAK TA 2019 Dinas Pendidikan Basel Masuk Babak Baru, Polres Layangkan Surat Pemeriksaan
Kasatreskrim Polres Basel, AKP Albert Daniel Tampubolon. (Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Satrekrim Polres Bangka Selatan melayangkan surat permintaan pemeriksaan kepada inspektorat setempat pasca ditemukannya dugaan kerugian negara dalam penyelidikan penggunaan DAK TA 2019 pada Disdikbud.

 " Surat permintaan pemeriksaan tersebut diajukan sebagai langkah sesuai juknis dan jukrah dari Kabareskrim Polri terkait proses penyelidikan di era pandemi Covid-19, " kata Kasatreskrim Polres Basel, AKP Albert Daniel Tampubolon seizin Kapolres, Senin (17/08/2020).

Menurutnya, maka dari itu Polres Basel melakukan koordinasi dengan APIP dengan melayangkan surat permintaan pemeriksaan.

Jadi, lanjutnya sembari dalam penyelidikan, kita lihat mens rea dari para pelaku-pelaku ini.

Dirinya berharap, Inspektorat daerah dapat selaras dengan satreskrim dalam penanganan perkara ini. Misalnya dengan menggelar sidang MP-TPTGR untuk menyelamatkan kerugian negara yang sebelumnya pernah dilakukan.

" Pelayangan surat kita ke APIP ini, memiliki batas waktu. Sesuai dalam aturan, sebatas 60 hari setelah surat dikirim. Pada waktu yang ditentukan tidak mengembalikan, perkara ini kita tingkatkan ke pidana," katanya.

Sementara itu, terkait Penyelidikan yang juga dilakukan oleh Kejari Basel, dirinya mengakui tak akan tumpang tindih.Sebab, objek riksa yang dilakukan pihaknya berbeda.

" Pada kegiatan yang kita lakukan, kita juga berkoordinasi dengan pihak kejaksaan. Dimana kita mengetahui juga, pihak kejaksaan melakukan penyelidikan," tandasnya.

Diakui Albert, upaya ini merupakan suatu terobosan baru dalam pengawasan tindak pidana korupsi di daerah ini. Dengan begitu, dia mengapresiasi penyidik kejaksaan yang telah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan baik.

" Khususnya bapak kapolres kita dan ibu kajari sudah berkomunikasi. Sehingga kita pastikan tidak terjadi tumburan, karena memang objek riksa yang kita lakukan berbeda dari kejaksaan. Selain itu, dari hasil koordinasi beberapa objek yang belum pihaknya dalami akan diselidiki oleh kejaksaan, " pungkasnya. (BBR)
Laporan: andre