Duh...! Selama Terdampak Covid-19 Warga Payabenua Hanya Terima Bantuan 5 Butir Telur Ayam

Ahada
Duh...! Selama Terdampak Covid-19 Warga Payabenua Hanya Terima Bantuan 5 Butir Telur Ayam
Isbandi, Tokoh Masyarakat Desa Payabenua. (Ist)

"Beberapa hari lalu ada bantuan telur ayam. Ini satu-satunya bantuan untuk warga kami yang baru kami terima di saat wabah covid-19 ini. Jumlahnya lima butir telur untuk masing-masing KK. Kalau berupa sembako belum ada"

Isbandi, Tomas Payabenua

 

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID--Ketika warga di sejumlah kecamatan lainnya di Provinsi Bangka Belitung sumringah lantaran sudah menerima bantuan berupa sembako atau sejenisnya dari pemerintah, namun beda halnya dengan warga di Desa Payabenua Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka.

Masyarakat di salah satu desa terdalam di wilayah Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka tersebut, hingga saat ini belum menerima bantuan sebagaimana mana masyarakat lainnya.

Tokoh masyarakat setempat, H Isbandi, Jumat (01/05/2020) mengungkapkan, saat ini kondisi masyarakat di pedesaan sudah terasa begitu sulit dan berharap ada perhatian dari pemerintah.

"Kepada pak camat kami harap kepeduliannya. Karena sampai saat ini warga kami belum ada terima bantuan, masyarakat sangat membutuhkan," ujar Isbandi.

Mantan Kadus Payabenua era tahun 90-an ini mengungkapkan, pihak pemdes setempat sudah cukup proaktif, namun mereka tak memiliki dana untuk membantu masyarakat lantaran dana desa belum bisa dicairkan.

"Pemdes sebenarnya sudah sangat proaktif. Tapi dana desa tak bisa dicairkan untuk membantu warga," ujar Isbandi, seraya menambahkan, sejauh ini Desa Payabenua baru ada terima bantuan berupa telur ayam.

"Beberapa hari lalu ada bantuan telur ayam. Ini satu-satunya bantuan untuk warga kami yang baru kami terima di saat wabah covid-19 ini. Jumlahnya lima butir telur untuk masing-masing KK. Kalau berupa sembako belum ada," imbuh Isbandi.

Kades Payabenua Mahzuni kepada BBR membenarkan jika sejak mewabahnya Covid-19 ini desa yang ia pimpin belum menerima bantuan apapun.

"Kalau telur ayam ya ada. 5 butir untuk tiap KK. Hampir semua KK menerima kecuali mereka yang ekonominya baik saja yang tidak kita bagikan," ujar Mahzuni.

Ia menambahkan, telur tersebut merupakan bantuan dari pihak swasta yang penyalurannya melalui pihak pemkab.

"Insya Allah nanti jika dana desa sudah boleh digunakan,  kita akan bantu warga kita dengan menggunakan dana desa," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Mendobarat Hismunandar dikonfirmasi BBR via WA belum menjawab.

Pesan yang dikirim sudah dibaca dengan tanda dua centang biru, namun yang bersangkutan belum membalas. (BBR)
Laporan Ichsan Mokoginta Dasin