Dukung Investasi Pabrik CPO, Forum P3KD Usulkan Buat Payung Hukum

Irwan
Dukung Investasi Pabrik CPO, Forum P3KD Usulkan Buat Payung Hukum
Ketua Forum P3KD Gustari

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – Ketua Forum Pemerhati Pertambangan Perkebunan dan Kehutanan Daerah (P3KD) Gustari mendukung hadirnya pabrik CPO yang akan dibangun di Kabupaten Bangka.

Dalam hal ini, perusahaan tersebut dapat memberikan kontribusi penyumbang dana bagi hasil melalui transfer dana dari pusat ke daerah sesuai dengan UU Nomor 38 Tahun 2004 pasal 4 tentang prinsip penyaluran dana bagi hasil (DBH) berdasarkan realisasi penerimaan negara.

Serta daerah mendapatkan sumbangan dana melalui program CSR perusahaan tersebut.

Namun untuk mendukung tercapainya realisasi itu, target produksi perusahaan sawit harus mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat, terutama pengembangan kebun sawit rakyat (KSR).

Selain itu, pemerintah juga harus membantu memfasilitasi penyelesaian masalahan sengketa lahan yang sering terjadi di masyarakat.

Konflik persoalan lahan ini biasanya sering terjadi karena lahan masyarakat masuk dalam blok milik perusahaan.

“Maka dari itu kami akan meminta kepada pemerintah daerah dan DPRD dapat membuat Perda tentang tanah telantar dan peruntukkannya melalui usulan. Rancangan draf Perda tersebut agar dapat dikaji secara akademisi karena melalui Perda ini kita berharap lahan yang tidak terkelola agar dapat dimanfaatkan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya, Kamis (29/10/2020).

  • Halaman
  • 1
  • 2
  • 3