Dukung Kemajuan Pariwisata, Pemkab Bateng Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

Irwan
Dukung Kemajuan Pariwisata, Pemkab Bateng Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam rangka menunjang dan mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dinbudparpora) berikan pelatihan Pemandu Wisata Budaya guna peningkatan kapasitas masyarakat pariwisata. Senin (25/7/2022).

Mewakili Bupati Bateng, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pittor mengatakan pentingnya sinergitas semua pihak baik pemerintah, korporasi, juga masyarakat umum untuk mengelola, mengembangkan, dan merawat pesona pariwisata di Bateng.

“Kita berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius, disiplin, dan menaati tata tertib yang berlaku. Serta peserta dapat menjadi mahir/terlatih dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya agar Kabupaten Bateng ini semakin unggul di bidang pariwisata,” ujar Pittor.

Dikatakan Pittor, Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari 25-27 Juli 2022. Dengan dihadiri Andri Purwanto Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Bangka Belitung, Sapitra dari HPI Cabang Bangka Belitung, Meilanto Tim Ahli Cagar Budaya Bateng, dan Akhmad Elvian selaku Penulis Sejarah dan Budaya dalam narasumber kegiatan ini.

"Maksud dan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberi wawasan dan arahan kepada para pemandu wisata lokal di destinasi wisata Bateng agar menjadi pemandu wisata yang lebih terampil dan berwawasan," tuturnya.

Lebih lanjut, Pittor menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi seluruh pelaku pariwisata di Bateng untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan kepariwisataan.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman pelaku wisata guna mewujudkan komitmen Pemerintah Bateng dalam rangka memajukan pariwisata yang ada dan berkembang saat ini," pungkasnya. (BBR)


Laporan: Aqbal