Dukung Pemerintah Cegah Covid-19, Mahasiwa KKN UBB Edukasi ke Ponpes At Toybah

Ahada
Dukung Pemerintah Cegah Covid-19, Mahasiwa KKN UBB Edukasi ke Ponpes At Toybah
TIM KKN UBB edukasi dan pembelajaran secara langsung dalam menerapkan protocol pencegahan covid-19 kepada orang tua dan peserta didik baru di Pondok Pesantren At-Toybah balunijuk (kamis, 06/08/2020). (Ist)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- TIM KKN UBB melakukan edukasi dan pembelajaran secara langsung dalam menerapkan protocol pencegahan covid-19 sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah kepada orang tua dan peserta didik baru di pondok pesantren at-toybah balunijuk (kamis, 06/08/2020).

Kegiatan masa orietasi bagi peserta didik baru sudah banyak dilakukan pada tanggal 13 juli 2020 oleh seluruh sekolah di Bangka Belitung  baik SD, SMP, SMA sederajat.

Namun berbeda dengan kebanyakan sekolah tersebut, pondok pesantren at toybah yang terdiri dari SMP & SMA memiliki jadwal tersendiri, dimana pada tanggal 13 juli 2020 adalah waktu belajar mengajar untuk seluruh peserta didik terkecuali kelas 7 atau 1 SMP yang baru masuk pada tanggal 6 agustus 2020 .

Bersamaan dengan regristrasi ulang  sekaligus pembukaan MOP (masa orientasi ponpes) yang dihadiri seluruh peserta didik kelas 7 beserta orang tuanya, mahasiswa KKN XV UBB melakukan upaya edukasi dan protokol pencegahan bebas corona virus disease atau Covid-19, dengan cara melakukan pengecekan suhu tubuh dengan termo gun, pemberian masker kepada seluruh tamu yang hadir dan pembian leaflet mengenai covid-19.

Kurangnya kesadaran akan bahaya COVID 19 merupakan hal utama yang mengakibatkan masyarakat lalai dalam menerapkan protocol kesehatan bebas covid yang telah diterapkan oleh pemereintah.

Dengan melihat hal ini maka tim KKN XV UBB melakukan sosialisasi maupun memberikan bantuan fasilitas guna menunjang penerapan protokol pencegahan covid secara berkala dan dengan metode yang mudah diterima oleh masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan MOP yang dilaksanakan oleh ponpes maka kami memanfaatkannya sebagai ajang untuk kembali mengingatkan pentingnya menerapkan kebiasaan baru di era new normal dan agar dapat mengurangi risiko terkena covid 19 maka kami melakukan edukasi bagi para orang tua peserta didik, pembagian masker bagi seluruh tamu yang masuk kedalam area ponpes serta mengajak untuk cuci tangan dengan hand sanitizer serta pemberian leaflet berkenaan dengan covid-19” ujar fitri selaku penanggung jawab  kegiatan.

Fitri juga berharap bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memberikan pengaruh untuk masyarakat agar mau menerapkan protokol pencegahan bebas covid-19 secara menerus walaupun tak lagi pandemi.

“semoga dengan kegiatan yang kami lakukan hari ini dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat agar melakukan protokol pencegahan  bebas covid-19  karena ini merupakan kebiasaan yang baik bagi kesehatan kita saat ini maupun nanti setelah bebasnya kita dari belenggu pandemi” imbuhnya

Sementara, Ust Ibrahim selaku pimpinan ponpes mengapresiasi kegiatan tim KKN UBB dalam menerapkan protokol pencegahan covid-19.

“Alhamdulillah dengan adanya adek-adek tim kkn ubb disini maka kita lebih mudah dalam menerapkan pencegahan covid-19 dan semoga dengan adanya kegiatan seperti ini akan semakin membuat kita semua menjadi sadar  agar selalu menerapkan kebiasaan pencegahan bebas covid-19 dan mau peduli terhadap masyarakat yang belum menerapkannya,” ungkapnya.(*/BBR)
Penulis: Seldi
Sumber: Rilis Mahasiswa KKN UBB