Dukung Program Air Bersih, Bupati Bangka Resmikan Bangunan Penampung Air Bersih

Kasmirudin
Dukung Program Air Bersih, Bupati Bangka Resmikan Bangunan Penampung Air Bersih
Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH meresmikan bangunan penampungan air dan sambungan instalasi air untuk rumah warga di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Bangka, Selasa (16/2/2021). (Foto: Ist)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH meresmikan bangunan penampungan air dan sambungan instalasi air untuk rumah warga di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Bangka, Selasa (16/2/2021). Program tersebut terlaksana atas program kerja dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bangka.

Sambungan instalasi air merupakan bentuk bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bangka kepada masyarakat yang kurang mampu atau berpenghasilan rendah. Ada sebanyak 50 rumah yang mendapatkan bantuan sambungan aliran air tersebut secara gratis, dan program tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mendukung program air bersih kepada masyarakat.

Mulkan menyampaikan, jika keberadaan air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Sehingga untuk mewujudkan hal itu diperlukan peran serta pemerintah dalam memberikan fasilitas kebutuhan air bersih dan layak konsumsi bagi masyarakat.

“Kami menargetkan tahun 2024 nanti di seluruh daerah dapat terpenuhi akan sumber air bersih dan layak untuk dikonsumsi. Saat ini baru bisa menyediakan 20 persen saja, mari bersama-sama dan saling berkolaborasi untuk menyediakan air bersih bagi kesehatan masyarakat," ajaknya.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Bangka, Rismy Wira Madonna mengatakan, untuk pembangunan penampungan air dan pembuatan instalasi air akan sangat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pasalnya, saat ini akan masuk musim kemarau yang nantinya masyarakat tidak akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

“Dengan menggunakan sistem gravitasi ini nantinya mampu mengalirkan air ke setiap rumah warga. Dan kedepan masyarakat akan merasakan manfaatnya akan bantuan ini, semoga program ini benar-benar bisa memberikan air bersih bagi masyarakat,” tutup Rismy Wira M. (BBR)


Penulis : Ibnu Wasisto

Editor   : Kasmir